Air Terjun Sri Gethuk, Primadona Lain di Gunungkidul

Playen, Suaragunungkidul.com – Salah satu kekayaan pariwisata Gunungkidul yang merupakan kekayaan alam yang di miliki oleh wilayah yang dulu terkenal kering dan susah air yang bernama air terjun Sri Gethuk. Air terjun ini terletak di Bleberan, Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Kurang lebih 1,5 jam berkendara untuk mencapai tempat ini, Air terjun Sri Gethuk menyajikan pemandangan yang sangat indah, pengunjung dapat berenang, melompat dari batu, atau berenang di air terjun kecil yang tersembunyi di samping air terjun yang lain.

Naik rakit atau berjalan di sepanjang sawah untuk dapat menuju ke air terjun. Kita juga bisa menyewa pelampung jika ingin berenang. Ketinggian air terjun sekitar 25 m dengan 3 sumber mata air . di lokasi pariwisata ini juga menawarkan berbagai wahana yang beragam seperti arung jeram, river tubing dengan ban dan pelampung, Di sekitar air terjun, kita juga dapat mengunjungi gua bawah tanah “Goa Rancang kencana” dengan pohon besar pada pintu masuk gua. Suasana gelap akan terasa di goa ini. Bawalah senter yang akan membantu menjelajahi gua. Atau bisa juga menyewa senter dari penduduk setempat.

Tiket masuk  cukup murah. Tiket masuk sebesar Rp. 5000 (biaya termasuk kunjungan ke Gua Rancang Kencono) Biaya rakit: Rp. 10000 per orang (sekali jalan).Untuk menuju ke air terjun dapat naik perahu kecil atau berjalan dari tempat parkir, Sedikit tips lebih baik datang ke sini pada hari kerja (bukan pada hari libur), karena pada hari libur / weekend tempat wisata ini akan penuh sesak dengan wisatawan lokal.

Saat berbincang seorang pengunjung dari luar daerah Yogyakarta Seseno mengatakan bila dia merasa puas menikmati pemandangan yang ada di Sri Gethuk ” Luar biasa ya, saya sangat senang dan puas dengan pemandangan di sini ” jelasnya.

Pemandangan yang masih asri dan belum banyak di jamah manusia diharapkan mampu mengangkat pendapatan daerah Gunungkidul karena banyak pengunjung.