FUNGSI PENDIDIKAN DALAM KIRAB PUSAKA DESA PENGKOL

Oleh : Slamet, SPd. MM

Nglipar, Suaragunungkidul.com – Senin tanggal 11 September 2018 Rumah Budaya Desa Pengkol Kecamatan Nglipar Gunungkidul menggelar ritual budaya Kirab Pusaka dan Kuras Genthong.

Tradisi ini terus dilestarikan oleh masyarakat, karena diyakini bahwa dengan adanya tradisi kirab pusaka ini diyakini dapat menjauhkan dari balak.

Disisi lain pemerintah punya kewajiban untuk memperhatikan pembinaan berbagai jenis budaya yang dimiliki masyarakat salah satu contohnya Kirab Pusaka Desa Pengkol.

Peran budaya dalam membangun daerah sangat mendasar karena menyangkut nilai-nilai kehidupan yang melandasi sebuah tatanan kehidupan ber-masyarakat.

Kemajuan Korea Selatan adalah sebuah contoh nyata bagaimana kebudayaan mereka berhasil dikapitalisasi menjadi produk-produk industri kreatif. Hal ini hanya dimungkinkan jika nilai-nilai budaya mereka telah mengakar kuat sebagai sendi masyarakat.

Kegiatan semacam ini harus bisa didorong lebih ke arah satu kegiatan yg memiliki fungsi budaya, memiliki fungsi pendidikan dan fungsi menggerakkan ekonomi masyarakat, utamanya rakyat Pengkol.

Terlebih adanya DANAIS bisa dimanfaakan untuk menbiayai kegiatan semacam agar kegiatanya bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Fungsi pendidikan kebudayaan adalah pembangunan karakter suatu masyarakat, itulah peran fundamental pendidikan kebudayaan dalam keseluruhan program pembangunan yang harus dicanangkan pemerintah daerah.

Peran budaya dalam membangun dan memajukan daerah adalah membentuk karakter dan moral generasi muda. Krisis karakter, generasi muda yang tidak punya prinsip dan integritas adalah indikasi kegagalan pembangunan kebudayaan.

Upaya membangun karakter bangsa ini dalam program yang kita kenal sebagai revoluai mental adalah sebuah program yang pada dasarnya mencoba mengatasi adanya indikasi krisis karakter di kalangan generasi muda saat ini. Kirab pusaka adalah salah satu cara dan bentuk upaya menghidupkan spirit kebudayaan yang harus ditanamkan sebagai fondasi pembentukan karakter warga masyarakat Pengkol.

Open this in UX Builder to add and edit content