Untuk Ibu Rumah Tangga, Lebih Irit Mana, Pilih Masak Sendiri atau Beli di Luar?

suaragunungkidul.com,-DiEra Zaman Digital dan Modern, mungkin banyak para ibu rumah tangga yang sudah tidak lagi memasak. Karena segala kemudahan di era yang sudah maju, banyak memilih untuk membeli makanan di luar dibandingkan memasak sendiri di rumah. Memang memasak di rumah membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra. Sebab Kita harus pergi ke pasar untuk membeli bahan-bahan masakan dan meracik masakan hingga menjadi sebuah hidangan. Hal itu lah yang menjadi alasan kuat untuk lebih memilih membeli makanan sudah jadi dibanding memasak sendiri.

Alasan waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan, banyak yang menganggap memesan makanan lebih murah ketimbang harus membuatnya.

Tetapi benarkah, memasak sendiri di rumah lebih mahal dibanding membeli di luar?

Jawabannya sudah jelas.
“Lebih hemat kalau memasak di rumah”. Karena apa, kalau memasak di rumah, jelas kita bisa memasak sekalian untuk kebutuhan sampai sore nanti. Dan untuk beli bahan mentahnya pun di pasar akan lebih murah. Menurut Ita, seorang ibu rumah tangga yang memiliki 1 anak.
Dia pun mencontohkan, jika membeli 1 potong ayam di warung padang, harganya mencapai Rp12.000. Padahal, harga tersebut hanya untuk sekali makan saja. “Kalau beli seekor ayam di pasar kan bisa di potong jadi 10, harganya Rp35.000 dan itu bahkan bisa di jadikan persediaan lauk besok,” Paparnya.
Meskipun memasak di rumah memang lebih menguras waktu dan tenaga, namun tetap lebih menghemat pengeluaran keluarga. Selain itu, memasak di rumah juga lebih menjamin kesehatan, karena kita sendiri yang menjamin kebersihan dari masakan tersebut.

Akan tetapi, meskipun memasak di rumah lebih banyak keuntungannya dibandingkan dengan membeli makanan yang sudah jadi di luar, tapi tidak bisa dipungkiri memesan atau membeli makanan di luar masih tetap menjadi pilihan.

“Kadang memang enggak sempat pergi ke pasar terus masak di rumah. Karena memang lama prosesnya. Apalagi kan beberapa bahan masakan perlu dihangatkan kembali. Jadi semua itu tergantung pilihan Ibu Rumah Tangga Sendiri, mau irit atau tidak.

( Red/ Tri)