Ini Alasan Kenapa Polisi Sering Menggelar Razia

Wonosari, Suaragunungkidul.com – Kasat Lantas Polres Gunungkidul melalui Kanit Turjawali, IPDA Ristanto Puji Raharjo, menyikapi banyaknya keluhan masyarakat terkait seringnya digelar razia kendaraan roda dua di kota Wonosari.

Pihaknya mengatakan gencarnya razia digelar untuk meningkatkan ketertiban, keamanan dan kenyamanan masyarakat Gunungkidul.Sehingga akan muncul kesadaran masyarakat tentang tertib berlalu-lintas.

Dikatakan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012, dan Secara garis besar prosedur razia diantaranya kelengkapan surat perintah tugas dari atasan.

Selain itu sebelum lokasi razia terdapat papan atau tanda adanya operasi ketertiban kendaraan yang harus mudah terlihat oleh pengguna jalan. Khusus razia malam petugas wajib memasang lampu isyarat bercahaya juga menggunakan rompi yang bercahaya.

“Operasi ketertiban kendaraan adalah salah satu upaya guna menciptakan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara,” katanya, Selasa (18/9/2018).

IPDA Ristanto Puji Raharjo juga mengatakan, banyaknya kasus kecelakaan bermula dari banyaknya pelanggar dijalan raya. Untuk itu pihaknya meminta masyarakat mentaati tata tertib yang ada.

“JIka melanggar lalu lintas yang rugi kan juga kita sendiri. Kami juga berpesan kepada orang tua untuk tidak membiarkananaknya memakai kendaraan bermotor jika belum cukup umur,” ungkapnya.

Sementara saat disinggung prosedur pembayaran tilang masyarakat dapat menggunakan dua cara yakni melalui pengadilan dengan slip merah dan slip biru untuk Bank. Ia juga berharap dengan terus diadakannya razia dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat, kepatuhan dan budaya keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

(Nurul)

Open this in UX Builder to add and edit content