Desa Pampang Maju Lomba Proklim Tingkat Propinsi

Paliyan, Suaragunungkidul.com – Program Kampung Iklim (ProKlim) te;lah diluncurkan sebagai gerakan nasional pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Tanggal1 Desember 2016.

Proklim yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012, bertransformasi dari memberikan apresiasi terhadap wilayah administratif paling rendah setingkat rukun warga (RW), dusun dan paling tinggi setingkat Desa.

Dalam lomba ini ada banyak indikator penilaian diantaranya contoh rumah sehat, rumah adat, pemanfatan pekarangan yg bisa bernilai ekonomi seperti apotik hidup dan warung hidup serta budidaya lele serta kemudian Bank sampah.

Dalam Lomba Proklim Tingkat Propinsi, Desa Pampang mewakili Kabupaten Gunungkidu. Dusun Kedungdowo dipilih menjadi percontohan dalam kampung iklim ( Kampung Hijau ) yang mendapat penilaian.

“Lomba ini saya harapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kesehatan lingkungan serta nilai ekonomi dari pemanfaatan lingkungan,” kata Kades Pampang Iswandi Rabu (19/8/2018).

Hadir dalam penilain tersebut team penilai lomba proklim yang meliputi Kepala Dinas lingkungan hidup Gunungkidul ,Camat dan Muspika Kecamatab Paliyan.(Priyanto)