Cutting Siluet Karya Mbunting Diminati Kaum Muda

Playen, suaragunungkidul.com – Disaat banyak pemuda memilih mengadu nasibnya diperantauan tidak bagi Susanto (24) warga Dusun Glidag, Desa Logandeng, Kecamatan Playen. Ia justru sukses mengembangkan kreatifitasnya dirumah menjadi pengusaha muda.

Pria yang akrab disapa Mbunting ini sukes mengembangkan cutting siluet manual. Bisnis usahanya muncul berawal dari kegemaranya menggambar hingga kini usahanya mampu meraup jutaan rupiah setiap bulanya.

Mbunting menjelaskan, cutting siluet karyanya merupakan gambaran ulang yang menghasilkan foto, gambar atau benda yang ingin dibuat. Gambar yang sudah dipilih dibuat sketsa pada papan yang sudah dipasangi scotchlite.

Ada dua jenis papan yang terbuat dari kayu dan bisa juga menggunakan kaca. Lalu dengan ketrampilan yang dia miliki, benda atau foto digambar ulang pada papan tersebut.

Pada pengerjaan finising, Mbunting tidak lupa melapisi cat agar objek tersebut tidak berjamur dan terakhir disemprot menggunakan clear agar tahan lama dan tentunga mengkilap.

“Usaha ini sudah saya jalani sejak tahun 2016. Berawal dari pesanan yang datang dari teman dekat hingga kini banyak pesanan berasal dari luar daerah,”katanya, Kamis (27/9/2018).

Hingga saat ini sudah ribuan sketsa wajah yang Mbuting aplikasikan dalam cutting siluet produksinya. Namun tidak semudah membalikan telapak tangan, pembuatan satu cutting siluet membutuhkan waktu hingga tiga hari.

“Mayoritas pelanggannya saya kalangan muda,” ucapnya.

Cutting siluet hasil karya Mbuting ini sebagian besar dipesan untuk kado atau buah tangan. Ia mengaku setiap bulannya mampu menghasilkan puluhan cutting siluet hingga keuntungan yang didapat sekitar Rp, 1.000.000 hingga Rp.2.000.000. (Nurul)