Gunungkidul konsepkan Wisata Halal

Wonosari, Suaragunungkidul.comGunungkidul merupakan kabupaten yang memiliki potensi wisata nan elok, terutama pantai. Pesonanya pun berhasil memukau setiap pengunjungnya. Dilihat dari grafik pengunjung melonjak tinggi setiap tahunnya. Kepala Dinas Pariwisata melalui Sub bagian Perencanaan, Supriyanta, SSos, MM, menjelaskan terjadi pelonjakan angka pengunjung di 5 tahun terakhir, “Pelonjakan terlihat jelas 5 tahun terakhir, kurang lebih 300 ribu disetiap tahunnya,” ungkapnya.

Supriyanta mengatakan pantai masih menempati posisi paling atas di minat wisatawan. Ia juga mengatakan, pihaknya sedang membuat konsep terkait pengembangan wisata yaitu dengan mengembangkan wisata halal di kawasan objek wisata.
“Untuk wisata halal baru kita konsep, namun masih perlu kita kaji dan pertimbangkan, dari segi biaya juga kan tidak hanya membutuhkan biaya sedikit. Jadi ya untuk tahun ini belum bisa diterapkan,” jelasnya, Kamis (27/09)

Konsep wisata halal yang rencana akan digagas di Pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran, Nguyahan dan Sepanjang ini
nantinya menerapkan prinsip-prinsip syariah selama berwisata, penyajian kuliner dengan makanan khas dan oleh-oleh yang memperhatikan kehalalan dari bahan baku maupun cara memasaknya.

Dia menambahkan, wisata halal ini mungkin juga bisa berkonsep antara pengunjung perempuan dan laki-laki dipisahkan dan memberlakukan larangan pengunjung mengenakan pakaian terbuka.
“Sebenarnya wisata halal ini sama seperti wisata umum hanya saja aspek religi akan lebih terasa di kawasan wisata tersebut.” jelasnya.

Supriyanta menambahkan, wisata halal ini tidak lain bertujuan untuk menambah pemenuhan kebutuhan bagi wisatawan.
“Melalui Wisata halal ini sebagai pemenuhan pemberian kebutuhan bagi wisatawan yang menghendaki,” tutupnya.
(Nurul)

Open this in UX Builder to add and edit content