Penguatan Pendidikan Karakter, SMAN 5 Bersilaturohmi Ke Panti Asuhan

Palangkaraya, Suaragunungkidul.com – Sebagai salah satu sekolah rujukan, SMAN 5 Palangka Raya terus berusaha melaksanakan dengan baik program-program sekolah rujukan.

Salah satunya adalah Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). PPK ini merupakan amanat Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017. Berdasarkan PPK itu, sekolah harus melaksanakan upaya untuk menguatkan pendidikan karakter di kalangan warga sekolah, termasuk tentu saja peserta didik dan pendidik.

Salah satu karakter yang dikuatkan adalah peduli sosial. Berkenaan dengan itu, sekolah melakukan kegiatan silaturahi atau anjangsana ke dua panti asuhan yang ada di kota Palangka Raya. Kedua panti asuhan itu yakni Yayasan Nusantara Harati di Jalan Borneo dan Yayasan Al Amin di Jalan G. Obos.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin mengatakan, Sabtu, 22 September 2018 rombongan para guru dan siswa SMAN 5 Palangka Raya dan empat sekolah rujukan, yakni SMAN 6, SMAN 10, SMA PGRI 2, dan SMA NU datang bersamaan dengan penuh rasa kekeluargaan.

Mereka pun disambut dengan penuh suka cita dan keakraban oleh kedua pengurus panti asuhan beserta anak-anak asuhan itu

“Kami dari sekolah rujukan dan sekolah imbas bersilaturahmi ke panti asuhan ini dalam rangka melaksanakan bagian dari Program SMA Rujukan 2018. Salah satunya adalah Penguatan Pendidikan Karakter (PPK),” terangnya, Kamis (27/9/2018).

Pihaknya juga mengatakan,ingin berbagi rasa peduli sosial dengan bersilaturahmi dengan keluarga besar Panti Asuhan Nusantara Harati dan Panti Asuhan Al Amin.

Kedua pengurus panti itu menyampaikan kebahagiaannya karena dikunjungi rombongan satu sekolah rujukan dan empat sekolah imbas itu. Tampaknya keluarga besar kedua panti tampak berbahagia, terharu, dan sangat terima kasih atas kunjungan ini. Mereka berharap silaturahmi ini juga turut menguatkan karakter kami dari keluarga besar panti tersebut. (L.J.)