Kak Jun, Juru Kisah Dari Gunungkidul.

Wonosari, Suaragunungkidul.com – Salah satu cara efektif dan menyenangkan dalam pembelajaran maupun menanamkan akhlak yaitu dengan dongeng. Metode yang asyik ini mendapatkan sorotan tersendiri bagi pendidik khususnya pada anak.

Junendra Rohmad yang akrab dipanggil Kak Jun ini merupakan salah satu juru kisah berasal dari Gunungkidul yang tergabung dalam Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI).

Lelaki 26 tahun ini adalah aktivis TPA sekaligus pendongeng yang bisa menirukan berbagai suara binatang, benda bergerak hingga karakter atau tokoh.

Berawal dari kebiasaan mengajar TPA, Kak Jun kemuadian menekuni metode belajar ini, belajar secara langsung dengan pendongeng nasional, “Belajar langsung dan motivasi dari Kak Bimo, Master Juru Kisah Indonesia,” ungkapnya.

Pendongeng di Wilayah Kabupaten Gunungkidul masih sangat sedikit, selain memerlukan pelatihan khusus, perlu bakat yang khusus pula.”Bercerita itu sebenarnya siapa saja bisa, penting bagi orang tua, karena dengan bercerita dapat melapisi ruang batin buah hati tercinta, nasihat yang terbungkus dalam balutan kisah namun penuh makna” tuturnya demikian.

Tak sampai disitu saja, beberapa kaset VCD telah di terbitkan oleh PPMI DI Yogyakarta dan beberapa waktu lalu melakukan pengambilan gambar di wilayah Tepus, tepatnya komplek Pondok Pesantren ‘Ainul Yaqin, yang di sajikan bagi para pendidik, Guru TK Paud, para Guru TKA-TPA dan seluruh masyarakat Indonesia.

Ditambahkannya, ia menyetujui bahwa mendongeng merupakan cara aman dan nyaman untuk menanamkan nilai dan pengetahuan. Selain efektif, para pendidik dapat menasehati anak-anak tanpa mereka merasa digurui.(wawan)