Pelayanan RSUD Wonosari Tuai Celaan, Dinas Kesehatan Lepas Tangan

Wonosari, Suaragunungkidul.com, –Banyaknya keluhan masyarakat Gunungkidul terutama melalui media sosial terkait pelayanan yang dinilai kurang menyenangkan dari petugas RSUD Wonosari, pihak Dinas Kesehatan Gunungkidul akhirnya buka suara.

Meski tak banyak berikan komentar, Priyanto, Sekretaris Dinas Kesehatan Gunungkidul menjelaskan bahwa Pihaknya menghimbau semua layanan kesehatan selalu memberikan senyum dan keramahan, memaksimalkan pelayanan termasuk pelayanan publik. Namun terkait dengan masalah ini, Priyanto mengatakan Rumah Sakit Daerah (RSD) ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) oleh kepala daerah yang bertanggungjawab langsung kepada Bupati bukan oleh Dinas Kesehatan.
Disebutkan dalam PP 18 tahun 2016 ayat 43 bahwa untuk organisasi dan tata hubungan kerja RSD lebih lanjut akan diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres), “Sampai saat ini Perpres belum turun sehingga Dinas belum memiliki kewenangan terhadap RSUD Wonosari, artinya kita tidak bisa menindaklanjuti bila ada permasalahan seperti ini,” tegasnya saat ditemui suaragunungkidul.com beberapa hari yang lalu.

Menurut Priyanto, permasalahan pelayanan masyarakat seperti ini memang kompleks. Disatu sisi masyarakat menuntut semua serba cepat dan tepat,” disisi lain keterbatasan SDM dan banyaknya pasien tidak seimbang yang mungkin menjadi salah satu penyebab konflik terjadi ” Pungkasnya. ( NL )