Wonosari, Desa Pangan Aman di Gunungkidul

Wonosari, Suaragunungkidul.com -Wonosari merupakan pusat kotanya Gunungkidul. Desa Wonosari ini sendiri telah menjadi pilihan pada program desa pangan aman yang diselenggarakan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Menurut Tumija, Kepala Desa Wonosari yang ditemui dimeja kerjanya (01/10/2018) program desa pangan aman ini sudah berjalan sejak tahun 2013 dan masih berlanjut sampai sekarang, “Pada tahun 2013 desa Wonosari mendapat juara III ditingkat Nasional, Juara I se DIY dan dinominasikan dalam lomba Desa Pangan Aman Tingkat Nasional pada tahun 2017,” terangnya.

Kriteria desa pangan yaitu terbentuknya kader yang produktif dan potensial untuk pemberdayaan desa.

Manfaat yang timbul dari program ini pun dapat dirasakan, terciptanya sumber daya manusia yang mampu menghasilkan akses pangan bersih dan aman.

Tumija mengatakan, ” desa senantiasa menjaga predikat Desa Pangan Aman dengan dilakukan evaluasi guna menyediakan akses pangan yang aman dari, oleh dan untuk masyarakat desa itu sendiri.
Dia juga berharap dengan terpilihnya desa ini, bisa dikembangkan dan diterapkan ke desa-desa yang lainnya, ” jelasnya. (NL)