Peringati Kesaktian Pancasila, SMAN 5 Galang Dana untuk Palu Donggala

Palangka Raya, suaragunungkidul.com,-Melaksanakan instruksi Kadisdik Provinsi Kalimantan Tengah, SMAN 5 Palangka Raya menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2018. Upacara yang digelar di halaman sekolah itu diikuti para guru, staf TU, dan para siswa.

Di bawah cuaca berkabut asap upacara tetap berlangsung lancar dan khidmat. Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin, yang bertindak selaku pembina upacara dalam amanatnya membacakan salinan ikrar Ketua DPR RI, H. Bambang Soesatyo, SE., M.B.A.

“Kita menyadari bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945 banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Rongrongan itu terjadi karena kelengahan dan kekurangwaspadaan kita sebagai bangsa Indonesia terhadap upaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Salah satu bentuk pengkhianatan dengan penuh kekejian dan tidak berperikemanusiaan ialah yang telah dilakukan Partai Komunis Indonesia (PKI) melalui Gerakan 30 September 1965. Oleh karena itu, sebagai umat beragama dan sebagai bangsa Indonesia harus tegas menolak dan selalu waspada terhadap kemungkinan munculnya kembali paham komunis. Kita bertekad bahwa Pancasila sebagai dasar negara akan senantiasa kita junjung dan bela,” tuturnya di depan para peserta upacara.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini kita juga dalam kondisi prihatin karena saudara-saudara kita di Palu dan Donggala baru saja ditimpa musibah gempa dan tsunami. Oleh karena itu, saja mengajak warga SMAN 5 Palangka Raya untuk turut mengulurkan sumbangan untuk para korban. Kita juga turut mendoakan semoga musibah segera berlalu dan kita semua mendapat pelajaran berharga untuk senantiasa waspada, sabar, dan tabah menghadapinya,” tambahnya.

Usai upacara para siswa dan guru pun segera mengumpulkan sumbangan berupa uang. Dana yang terkumpul ini akan disalurkan melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/ MA Kota Palangka Raya. (red/wawan)