Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY Gelar Sosialisasi di Bunder

Playen, Suaragunungkidul.com – Kementrian lingkungan hidup dan kehutanan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY menggalakan Sosialisasi rencana pelaksanaan kegiatan release Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus) dan Elang Ular Bido (Spilornis Cheela) di SFF Bunder, Jum’at (05/10/2018).

Sosialisasi Peraturan kebijakan bidang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) ini memberikan
arahan dan himbaun kepada masyarakat agar ikut berperan serta dalam pelestarian hewan dilindungi. Kepala BKSDA DIY, Ir Junita Parjanti MT menyampaikan pentingnya kerjasama pihak terkait, peran serta masyarakat lokal dalam pelestarian guna peningkatan keberdayaan, “Jika para pihak tersebut semakin berdaya kemudian terjalin baik secara menerus maka akan semakin memberi dampak positif terhadap pengelolaan.” Katanya.

Pihaknya berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat mencapai masyarakat maupun pemerintah daerah akan lebih mengetahui arti pentingnya kawasan hutan dan berperan aktif dalam menjaganya sehingga manfaat dari kawasan Bunder dapat lebih optimal bagi kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan daerah.Dia juga berharap masyarakat sadar dan simpati terhadap hewan yang dilindungi, termasuk jeli dalam membedakan hewan yang dilindungi atau tidak.

Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Balai Tahura Bunder, Kepala Seksi Kewan dan Kesmavet Bidang Peternakan, Camat Playen, Kapolsek Playen, Danramil Kecamatan Playen, Kepala Pokeswan Playen, Babinsa Desa Gading dan sejumlah Perangkat Desa Gading dan Bunder. ( NL )