Pengakuan Pemerintah Desa Salam, Terkait Oknum PNS Dapat PKH

Patuk, Suaragunungkidul.com,- Program Kesejahteraan Masyarakat (PKH) merupakan program penanggulangan kemiskinan yang memang diperuntukan untuk keluarga miskin.Pasalnya Desa Salam, Kecamatan Patuk diduga ada PNS yang mendapatkan bantuan dari program tersebut.

Terkait isu masyarakat tersebut, saat dikonfirmasi suaragunungkidul.com, Jum’at (05/10/2018) Kepala Desa Salam, Sadjido meluruskan bahwasanya tidak ada PNS yang mendapatkan PKH. Diaktakanya, Menurut data yang dia dapat dari pendamping PKH memang tidak ada, “Kalau tahun kemarin dan 2018 ini tidak ada. Memang, dulu tahun 2016 sempat ada 1 orang PNS dari dusun Trosari yang dapat PKH, tapi sudah ditindaklanjuti dan dicoret dari daftar.” jelasnya.

Dia juga mengatakan bahwa program tersebut tidak langsung diurusi oleh kelurahan, dia mengaku pihaknya hanya sekedar mendapat data daftar nama peserta.

“Kalau untuk PKH memang yang mengurusi pendampingnya langsung, kita tidak ada kewengangan.” Imbuhnya.
Berdasarkan data yang didapat, di Desa Salam ini ada 218 kepala yang mendapatkan PKH. Dari Dusun Salam 24 kepala, Dusun Gunung Manuk 19 kepala, Dusun Waduk 19 kepala.

Kemudian Dusun Trosari 54 kepala. Sementara itu Dusun Ngasemayu 45 kepala dan Dusun Baran tercatat 57 kepala. ( NL )