Trekking di Kawasan Pantai, Ini Tempat Serunya

Tepus, Suaragunungkidul.com – Pantai Siung memiliki bukit di sebelah kiri dan kanan , sehingga selain menikmati pemandangan yang indah pengunjung juga dapat menaiki bukit dan melihat pemandangan yang berbeda.

Ke pantai sekadar bersantai di tepinya mungkin sudah biasa. Tapi di Gunungkidul, bisa bersantai dan trekking juga lho!

Pantai Siung salah satu pantai cantik yang ada di daerah Gunungkidul tepatnya di Dusun Duwet kelurahan Purwodadi Kecamatan Tepus. Pantai yang memiliki bukit baik di sebelah kanan maupun kirinya menawarkan wisata berbeda dengan pantai-pantai lain.

Berkunjung ke pantai biasanya kita menikmati pantai dengan berenang, bermain pasir atau sekedar duduk-duduk di bawah pohon di sekitar pantai, tetapi saat mengunjungi Pantai Siung pengunjung diberi opsi lain yaitu trekking ke bukit yang ada di sekitar pantai.

Saat mengunjungi pantai Siung, saya bersama teman-teman memutuskan untuk trekking ke bukit yang ada di sebelah kiri Pantai Siung. Ada pemandu yang menawarkan untuk menemani kami menyusuri bukit dengan imbalan tertentu, tetapi kami memutuskan untuk tidak menggunakan pemandu dan jika akhirnya tersesat kami akan kembali dan tidak melanjutkanperjalanan.

Trekking dimulai dengan berjalan ke ujung pantai, di sana kami menemukan anak tangga yang terbuat dari semen menuju ke atas. Cuaca pagi menjelang siang kala itu mulai terik, mungkin jika kami mengawali trekking lebih pagi cuaca tidak akan sepanas ini.

Tangga di awal perjalanan kami mengantar kami ke tebing, dengan jalan setapak yang sudah disemen kami terus berjalan. Di beberapa tempat jalanan tetap menanjak sementara di bagian lain jalanan agak datar. Kami sempat melewati rumah yang mungkin merupakan warung saat lokasi tersebut sedang ramai, tetapi saat kami lewat rumah tampak tak berpenghuni. Bagian depannya terdapat bale-bale bambu dan beratap sehingga kamipun beristirahat sambil berteduh di rumah itu. Perjalanan kami lanjutkan lagi, kali ini kami melewati ladang penduduk dengan tanaman singkong .Ada pekerja yang tengah berada di ladang, dan kami sempat menyapa sejenak. Tidak banyak pengunjung yang kami jumpai, sehingga melihat kehadiran orang lain di tempat yang asing cukup menyenangkan.

Berbeda dengan trek di awal, trek berikutnya merupakan jalan tanah, sehingga dapat dipastikan saat musim hujan jalanan akan menjadi licin. Sepanjang perjalanan menyusuri bukit, pemandangan yang terlihat sungguh luar biasa. Laut lepas dengan deburan ombak dan gradasi warna air laut sungguh menjadi pemandangan yang menakjubkan.

Setelah berjalan beberapa lama, kami sampai di bagian bukit dimana terdapat spot berfoto dengan latar belakang laut lepas, Bukit Ragil namanya. Tentu saja kami tidak menyia-nyiakan kesempatan, langsung berfoto di sana.Betah rasanya berada di ketinggian dengan pemandangan alam yang begitu menakjubkan , sayang cuaca yang panas membuat kami tidak bisa berlama-lama.

Akhirnya kamipun kembali ke pantai, menyusuri jalan setapak sambil tak henti-hentinya memandang ke laut lepas yang nampak mempesona dari manapun kami berdiri. Setiap sudut yang kami pijak memiliki keindahan masing-masing sehingga perjalanan menjadi lama karena sedikit-sedikit berhenti untuk menikmati pemandangan dan mengabadikannya.

Sedikit saran bagi yang ingin berkunjung ke bukit di Pantai Siung, datanglah saat pagi atau sore hari sehingga cuaca tidak terlalu panas. Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman, lebih baik menggunakan sepatu karena ada bagian trek yang licin. Berhati-hatilah saat menyusuri jalan setapak karena di beberapa tempat terdapat pegangan yang terbuat dari bambu, tetapi di bagian lain tidak ada pengaman sementara di sekitar tempat itu terdapat tebing yang langsung ke laut lepas. Saat musim kemarau trek tidak terlalu licin tetapi rumput dan pepohonan banyak yang mengering sebaliknya saat musim hujan trek menjadi lebih licin namun rerumputan dan pohon yang menghijau membuat suasana lebih teduh.

Sumber detik.com