Atasi Kekeringan, Dinas Pertanian Serahkan Bantuan Pompa Air

Nglipar, suaragunungkidul.com- Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus berupaya meringankan beban masyarakat dimusim kemarau yang mengalami kesulitan air bersih, terutama bagi peternak. Upaya dilakukan dengan menyerahkan pompa air untuk warga Dusun Klegung Desa Katongan.

Kondisi masyarakat yang keseharianya berprofesi sebagai petani dan peternak saat ini benar – benar membutuhkan perhatian pemerintah karena memasuki bulan Oktober belum ada tanda – tanda akan turun hujan. Sehingga banyak petani dan peternak kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Untuk mengantisipasi kekeringan Dinas Pertanian Kabupaten Gunungkidul menyerahkan pompa air untuk mengangkat air dari Sungai Klegung yang berada dekat dengan lingkungan warga. Selain bantuan pompa didaerah tersebut juga dilaksanakan penanaman rumput odot,guna mendukung masyarakat peternak sapi yang berjumlah 78 ekor.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Raharjo Yuwono mengatakan harapan adanya pompa air dan gerakan penanaman rumput odot mendukung peternakan dapat menyediakan pakan ternak sehingga poknak tidak ksulitan pakan hijau dan saat musim kemarau masih tersedia air.

“Harapan kami kepada Poknak cukup ketersediaan air dan dengan gerakan menanam rumput odot juga membantu Poknak dalam memenuhi kebutuhan pakan, ” jelasny,Selasa (9/10/2018).

Sementara Ketua Kelompok Tenak ( poknak ) kepada wartawan di lokasi mengatakan, bantuan pemerintah berupa pompa yg nantinya akan digunakan mengairi lahan seluas 10 ha dalam rangka merawat tanaman rumput bagi Poknak yang dia pimpin.

“Kami ucapkan banyak terimakasih atas perhatian pemerintah, atas bantuan pompa air ini semoga mampu membantu kami dalam merawat tanaman rumput odot seluas 10 ha terutama di musim kemarau,” tutupnya.(red)

Open this in UX Builder to add and edit content