Gunungkidul Raih Juara III Nasional HATINYA PKK

Jakarta, Suaragunungkidul.com – Kabupaten Gunungkidul meraih juara III Tingkat Nasional Pakarti Utama HATINYA PKK (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman Pembinaan Kesejahteraan Keluarga)  kategori Kabupaten yang diwakili oleh Desa Gading, Kecamatan Playen. Penghargaan ini diserahkan oleh ketua TP PKK Pusat dr. Guntarti Cahya Kumala pada Puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46 dan Jambore Nasional Kader PKK tahun 2018 di Mercure Hotel, Ancol Jakarta (03/10).

Untuk meraih prestasi juara III Tingat Nasional Pakarti Utama, Desa Gading telah melewati tahap evaluasi ditingkat nasional yang dilaksanakan pada bulan September lalu di 4 Padukuhan Desa Gading, Kecamatan Playen. Monitoring dan evaluasi tersebut dihadiri oleh Tim Evaluasi Hatinya PKK tingkat Nasional, tim penggerak PKK Provinsi DIY, dan juga TP PKK Kabupaten Gunungkidul.

Kegiatan HATINYA PKK yang dilaksanakan di  Desa Gading merupakan salah satu Program Kelompok Kerja (POKJA) III Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Gunungkidul yang difokuskan pada pemanfaatan pekarangan secara optimal. Pencanangan Desa Gading sebagai pusat percontohan pertumbuhan ekonomi desa agar masyarakat terus dapat maju dan berkembang. Melalui kegiatan HATINYA PKK masyarakat Gading telah dapat memanfaatkan tanah pekarangan untuk ditanami tanaman yang memenuhi unsur warung hidup, apotek hidup, lumbung hidup, tabungan hidup, peternakan dan perikanan. Dan diharapkan bisa memenuhi gizi keluarga, apotik keluarga, untuk mengurangi pengeluaran sehari-hari bagi ibu rumah tangga dan bisa menyisihkan sebagian uang untuk tabungan keluarga.

Ketua TP PKK Kabupaten Gunungkidul, Dra. Zultiyanti Immawan Wahyudi MA mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Desa Gading. “Harapan kita, dengan semangat kerja keras dan gotong royong yang dimiliki akan menjadikan Gunungkidul lebih hijau khususnya pada pemanfaatan lahan pekarangan untuk kesejahteraan masyarakat. Keluarga yang sehat menjadikan masyarakat sehat, dan keluarga mandiri mencerminkan masyarakat yang mandiri,” katanya.

Ditahun sebelumnya, Desa Karangduwet Kecamatan Paliyan meraih prestasi juara I dan Desa Piyaman Kecamatan Wonosari meraih juara II Pakarti Madya juga mewakili TP PKK Kabupaten Gunungkidul untuk tingkat pusat.

Pada acara Jambore Nasional Kader PKK tahun 2018 ini Tim Penggerak PKK Pusat juga mengadakan lomba “Penyuluhan Ketahanan Pangan Keluarga”. Lomba tersebut diikuti oleh perwakilan provinsi se Indonesia. Dan mewakili tim Penggerak PKK DIY, Ketua TP PKK Desa Gading, Atun Sukirman mendapatkan Juara 1 Nasional sebagai Penyuluh Ketahanan Pangan Keluarga. Red/Pemda GNK)

Sumber : Sekretariat Pemda Gunungkidul.