Cukup Perhatikan Makanan Anda Agar Tetap Sejuk Di Cuaca Panas

Wonosari, Suaragunungkidul.com,-Bisa tetap merasa sejuk meskipun di cuaca panas merupakan tantangan yang rumit. Ketika Anda merasa terlalu gerah di cuaca panas, Anda berisiko mengalami dehidrasi dan beragam penyakit yang berkaitan dengan cuaca panas, seperti stres, kejang panas, kelelahan, atau bahkan serangan panas. Dengan menjaga agar tubuh tetap terasa sejuk, Anda juga bisa menenangkan suasana hati karena cuaca panas sering kali memicu stres, ketegangan, dan kekesalan. Ada banyak cara sederhana, efektif, dan murah untuk menjaga agar tubuh tetap sejuk di cuaca panas.

1. Mengonsumsi Makanan dan Minuman agar Tetap Sejuk

Cukupi kebutuhan cairan tubuh. Air merupakan zat yang penting untuk menjaga tubuh tetap sejuk di cuaca panas. Selain menjaga agar tubuh tetap sejuk, air juga perlu diminum, bahkan ketika Anda sedang tidak merasa haus. Cara yang paling tepat untuk memeriksa kadar cairan tubuh adalah dengan mengukur warna urine. Jika warna urine lebih gelap dari warna kuning jerami atau keemasan, ada kemungkinan Anda mengalami dehidrasi dan membutuhkan air. Hindari minuman yang banyak mengandung gula, seperti minuman bersoda. Minuman seperti itu mengurangi kemampuan tubuh untuk menyimpan cairan. Selain itu, hindari pula minuman beralkohol, kopi, dan minuman berkafeina yang merupakan zat diuretik alami.

2. Jangan menunggu hingga haus untuk minum.

Cobalah untuk minum banyak air sebelum melakukan aktivitas apa pun. Jika Anda menunggu terlalu lama, Anda bisa mengalami keram atau kejang-kejang yang merupakan gejala penyakit yang berhubungan dengan panas. Ingatkan diri sendiri untuk sering meminum air dengan mengikuti salah satu pilihan berikut ini.
-Belilah botol atau wadah air plastik (water pack) yang cukup kuat sehingga bisa selalu dibawa dan diisi ulang.
Bekukan sebotol air sebelum Anda membawanya pergi. Ketika Anda meninggalkan rumah, air tetap berada dalam kondisi beku. Akan tetapi, cuaca yang panas dapat melelehkan es setelah botol air dikeluarkan dari lemari pembeku. Balut botol dengan handuk agar tetesan air tidak membasahi atau melembapkan barang-barang lain di dalam tas.
-Unduh dan pasang aplikasi pengingat minum di ponsel Anda. Aturlah pengingat dan target harian jumlah air yang harus diminum, dan cari tahu kapan terakhir kali Anda minum

3. Pilihlah makanan yang dapat menyejukkan tubuh.

Jika dipilih dengan benar, makanan yang dikonsumsi dapat membuat Anda merasa sejuk. Cobalah nikmati selada, makanan mentah segar, sayuran dan buah-buahan. Dalam bahasa Inggris, terdapat idiom yang cukup terkenal, “Cool as a cucumber” (sejuk atau “keren” seperti mentimun). Secara harfiah, ternyata idiom tersebut memang benar. Hampir 100% kandungan mentimun adalah air sehingga dapat menjaga cairan tubuh dan membuat Anda tetap merasa sejuk. Hindari daging dan makanan tinggi protein di cuaca panas karena keduanya dapat meningkatkan produksi panas dari metabolisme sehingga cairan tubuh bisa berkurang.
Tips ini mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi mengonsumsi makanan pedas (terutama cabai) dapat membuat tubuh terasa sejuk. Makanan segar membuat Anda berkeringat sehingga bisa memberikan efek menyejukkan bagi tubuh.
Porsi makan yang lebih kecil juga dapat menurunkan suhu tubuh. Sementara itu, makan besar (dengan porsi penuh) dapat meningkatkan suhu tubuh karena tubuh perlu bekerja lebih keras untuk memecah makanan-makanan yang masuk ke pencernaan.

4. Buatlah makanan tanpa menggunakan oven atau kompor.

Carilah makanan yang tidak perlu dimasak atau diproses menggunakan panas. Jika Anda benar-benar harus memasak, pastikan udara segar dapat masuk ke ruangan dan memasaklah menggunakan microwave, bukan kompor atau oven, agar suhu ruangan agar tetap sejuk.[9] Sebagai contoh, Anda bisa menghangatkan sayuran beku atau sup kalengan di microwave daripada memanaskannya menggunakan kompor.
Sup dingin bisa menjadi pilihan makanan yang tepat untuk dinikmati di cuaca panas. Jika Anda belum pernah mencobanya, cuaca panas adalah alasan yang tepat untuk mencobanya! Selain menyejukkan, kandungan gizinya juga menyehatkan![10] Buatlah es loli, slushies, buah-buahan beku, yoghurt beku, dan camilan dingin lainnya agar tubuh Anda terasa sejuk.

sumber wikiHow.com