Wakil Bupati Meninjau Pembangunan Rumah Sakit Tipe D di Kecamatan Saptosari

Saptosari, suaragunungkidul.com, – Untuk memperpendek rentang pelayanan kesehatan kepada masyarakat wilayah selatan Kabupaten Gunungkidul, pemerintah daerah membangun Rumah Sakit Tipe D di Kecamatan Saptosari, yang dikerjakan oleh PT. Nusa Patria.

Wakil Bupati, Dr. H. Immawan Wahyudi, M.H., beserta OPD terkait melakukan koordinasi dan tinjauan proyek pembangunan fisik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Type D tersebut, Senin, (15/10).

Progres pembangunan rumah sakit yang saat ini sudah mencapai 53,9 % dengan masa kontrak hingga Desember 2018, diharapkan agar dapat dipercepat, sesuai dengan dokumen kontrak.

Wakil bupati meminta kepada user dalam hal ini RSUD, Dinas Kesehatan serta OPD supaya memberi masukan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan ini, agar dibelakang hari tidak terjadi permasalahan utamanya spesifikasi agar diperhatikan.

Lanjut Immawan, pihak RSUD diminta untuk terus berbenah, agar masyarakat dapat terlayani dengan baik. “Kami melakukan yang terbaik untuk masyarakat. Kita berbenah secara fisik, dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kita yang terbaik, sesuai harapan dari masyarakat, agar tidak ada keluhan dari masyarakat. RSUD Wonosari juga terus berbenah, dan memperbaiki banyak fasilitas kesehatannya,” katanya.

Beberapa masukan dari OPD yang diberikan kepada PT. Nusa Patria antara lain dari Direktur RSUD dan Dinas Kesehatan meminta agar rekanan menjelaskan secara detail desain dan meminta fasilitas alat kesehatan sesuai yang direkomendasikan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), lebih lanjut dijelaskan bahwa upaya meminimalkan dan mencegah terjadinya infeksi pada pasien, petugas, pengunjung dan masyarakat sekitar rumah sakit ini dilakukan nantinya akan menjadi sebuah tolak ukur akreditasi rumah sakit. Kemudian dari Dinas Lingkungan Hidup mengingatkan agar memperhatikan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL), serta analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), sedangkan beberapa masukan juga diberikan dari beberapa OPD terkait spesifikasi bangunan dan fasilitas lainnya disesuaikan dengan dokumen kontrak.

Dihadapan Wakil Bupati, Direktur PT. Nusa Patria menjelaskan desain bangunan serta manfaatnya, serta menunjukan beberapa contoh fasilitas yang akan terpasang pada banguan tersebut. Selain itu juga disampaikan bahwa PT. Nusa Patria mengucapkan terima kasih atas evaluasi dan masukan dari pemerintah daerah.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, pembangunan tahap pertama dan tahap kedua kami yang mengerjakan sehingga tidak perlu adaptasi lagi, lebih mudah dalam melanjutkan, dan perlu kami sampaikan bahwa pekerja 80% dari warga lokal, ini adalah support tersendiri bagi saya dalam pembangunan ini, dan jika ada hal yang kurang kami akan terus berbenah memberikan yang terbaik” terangnya.

Kegiatan dilanjutkan tinjauan lokasi di beberapa titik, antara lain dua kamar operasi yang nantinya akan digunakan untuk operasional, ruang ICU, ruang dokter, ruang bersalin, dan fasilitas lainnya. (*tim_IKP)

sumber Humas Pemda