Pantai SANGLEN Gunungkidul Butuh Perhatian, Kecantikan Alaminya Mulai Memudar.

Tanjungsari, Suaragunungkidul.com – Mungkin kata itu yang terbesit dari pikiran penulis. Pantai yang berdekatan dengan pantai Sepanjang Desa Kemadang, Tanjungsari Yang tak hayal menyayangkan keadaan pantai yang mulai terbengkalai dikarenakan sampah yang semakin menumpuk dan tata kelola tempat yang kurang baik. Hal tersebut diperburuk setelah adanya gelombang pasang yang terjadi belum lama ini di sepanjang pantai Selatan.
Berita ini ditulis setelah salah satu reporter Suara Gunungkidul.com berkunjung di pantai SANGLEN kecamatan Tanjungsari kabupaten Gunungkidul pada Senin (05/11/2018). Meningigat sebelumnya penulis sudah pernah berkunjung satu tahun silam yang saat itu pantai SANGLEN masih asri dan belum banyak pengunjung maupun penjual disekitar pantai. Pantai yang bersih ditambah pepohonan yang rindang dan tebing-tebing yang kokoh menambah kesan pantai yang cantik alami.
Akan tetapi keindahan alami itu mulai pudar seiring sampah plastik yang bertebaran dan sisa pembakaran yang tak lain ulah pengunjung maupun pengelola warung sekitar yang kurang sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Saat dikonfirmasi Suparman, Kemadang, 61 th mengatakan ” kurangnya gotong royong sesama pengelola warung dan tidak adanya pembinaan dari dinas pariwisata Gunungkidul dan instansi terkait melatarbelakangi kurangnya kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan, ditambah wisatawan yang hanya buang sampah sembarangan”, tuturnya (05/11/2018).
Setelah berita ini diliput dihimbau wisatawan, masyarakat maupun instansi terkait dapat lebih sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Diharapkan dari dinas pariwisata Gunungkidul segera menindaklanjuti akan masalah ini, jangan sampai keadaan seperti ini menimpa pantai-pantai kebangaan masyarakat Gunungkidul. Akhir kata, jangan sampai uang melunturkan gotong royong dan keindahan alam bumi Gunungkidul. (Billal)