Gara – Gara Hujan Lebat Talut Baru Dibangun Ambrol,Kerugian Mencapai Ratusan Juta.

Saptosari,Suaragunungkidul.com -Talud  sepanjang 15 meter dengan kedalaman  12 meter Jalur Pantai Ngobaran-Ngrenehan, tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari Ambrol, Rabu (28/11). Jalan yang baru rampung dikerjakan  pihak kontraktor PT Aneka Reka Buana (ARB) ini
mengalami kerugian Rp. 200.000.000,00.

Kapolsek Saptosari, AKP Wijayadi menjelaskan, peristiwa ambrolnya talud diketahui warga pagi hari dan dilaporkan ke Polsek Saptosari pukul 08.00 WIB.Sesuai hasil pengecekan dilapangan untuk kerusakan adalah,talud kurang lebih panjang 15 m dan kedalaman kurang lebih 12 m ambrol.Jalan aspal kurang lebih panjang 65 m retak retak.Talud sepanjang 50 m retak- retak pada bagian bawah.

“Penyebab ambrolnya talud dikarenakan hujan yang tinggi di area yang dimaksud,Selain itu, hasil pengerjaan gorong gorong yang dibuat tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga air yang berasal dari lereng pegunungan tidak dapat langsung masuk ke gorong gorong,”jelasnya.

Masyarakat mengetahui bila jalan tersebut baru saja selesai dibangun pada bulan September 2018 dan menjadi Jalan utama wisata menuju pantai Ngrenehan, Ngobaran dan Nguyahan,Kapolsek juga berharap agar pelaksana memasang rambu – rambu di sepanjang jalan yang rusak untuk meminimalisir kecelakaan lalulintas.

“Dengan kejadian tersebut kami menghimbau agar pelaksana memasang rambu rambu di sepanjang jalan yang rusak guna meminimalisir kecelakaan lalulintas,” pungkasnya.

Sementara Arya Staf pelaksana PT ARB saat di hubungi wartawan menjekaskan bahwa pihaknya akan melakukan perbaikan esok hari kamis,29/11 dirinya juga menjekaskan bila pembangunan jalan lintas selatan tidak disubkan atau dikerjakan oleh pihak lain.

“Kami sudah koirdinasi dengan kantor pusat untuk perbaikan akan kita mulai besok kamis,39/11dan untuk pengerjaan srlama ini oleh PT.ARB sendiri,” sibgkatnya.

Perlu diketahui bahwa pembangunan jalan yang berada di Dusun Kanigoro,Saptosari sepanjang 500 meter dengan menggunakan anggaran APBD Kabupaten Gunungkidul.Pelaksana pembangunan adalah PT ARB dengan konsultan PT. TRI PATRA,  dengan no kontrak : 03/SP/PPK/KPP/DAU/PP/VI/2018 tgl. 29 Juni 2018 dengan masa pengerjaan 150 hari kalender. Untuk nilai dari proyek dimaksud sebesar : Rp.6.355.591.000,00.Sesuai aturan untuk pembangunan jalan dimaksud masih dalam taraf pemeliharaan oleh PT ARB.(mega)