Peringati Hari Disabilitas Internasional Sekaligus Pengukuhan Pengurus Oleh Bupati.

 

Playen,Suaragunungkidul.com – Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2018 Kabupaten Gunungkidul dipusatkan di GOR Siyono, Playen, Rabu (28/11). Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan situasi penyandang disabilitas disetiap aspek kehidupan.

Hal ini diungkapkan, Kepala Dinas Sosial, Dra. Siwi Irianti, M.Si dalam sambutannya di hadapan ratusan orang penyandang disabilitas, Bupati Gunungkidul dan Forkompinda Kabupaten Gunungkidul.

Dijelaskan Siwi, bahwa peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2018 dengan Tema “Membangun masyarakat inklusif adil dan berkesinambungan bagi penyandang disabilitas Kabupaten Gunungkidul yang lebih Sejahtera”.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan Disabilitas maka tema yang diambil adalah membangun masyarakat inklusive adil dan berkesinambungan bagi penyandang disabilitas agar lebih sejatera,” jelasnya.

Peringatan Hari Disabilitas Internasioal yang seharusnya jatuh pada tanggal 3 Desember 2018 pada setiap tahunnya untuk tahun 2018 diajukan pada 28 November 2018.Tujuanya adalah untuk mempromosikan hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas disemua bidang kehidupan masyarakat dan pembangunan.

“Serta untuk meningkatkan kesadaran akan situasi penyandang disabilitas disetiap aspek kehidupan baik politik, sosial, ekonomi, dan budaya,” tambah Siwi.

Sementara Hj. Badingah, S.Sos, Bupati Gunungkidul, mengungkapkan, Pemerintah Daerah wajib melakukan perencanaan, penyelenggaraan, dan evaluasi tentang pelaksanaan Penghormatan,perlindungan, dan Pemenuhan hak Penyandang Disabilitas.Kabupaten Gunungkidul, sebagai salah satu wilayah yang telah mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Inklusif.

“Tetap memegang teguh komitmen untuk mendukung inklusivitas di Gunungkidul, baik dalam aksesibilitas layanan dasar, kesempatan kerja dan berusaha maupun kehidupan sosial kemasyarakatan yang nyaman dan ramah bagi warga difabel,” jelasnya.

Peringatan Hari Difabel Internasional, lanjut dia, akan menjadi momentum pembelajaran yang tepat bagi warga masyarakat dalam memahami kehidupan penyandang disabilitas, upInklusivitas dalam berbagai ruang publik seperti layanan pendidikan dan kesehatan akan semakin menegaskan karakter sosial warga masyarakat kita dalam menerima keberbedaan setiap warga masyarakat tanpa diskrimatif.

Dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional kali ini juga dilaksanakan pengukuhan pengurus disabilitas Indonesia Wilayah Gunungkidul oleh Hj. Badingah, S.Sos.(mega)

Open this in UX Builder to add and edit content