GAP Salah Satu Alternatif Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Sebagai Obyek Wisata.

 

WONOSARI,Suaragunungkidul.com – Lounching Gunungkidul Agro Technopark (GAP) berlangsung di Dusun Sumber Mulyo, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Minggu, (02/12). GAP sejalan dengan visi misi Kabupaten Gunungkidul, yang bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. GAP salah satu alternatif untuk meningkatkan ketahanan pangan dan sebagai obyek wisata.

Hal itu diungkapkan, Bupati Gunungkidul, melalui Widagdo, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM dalam sambutannya dalam lounching GAP, Minggu (02/12).

“Lounching GAP, akan semakin memperkaya potensi wisata di Kabupaten Gunungkidul,” terang Widagdo.

Dia berharap dengan adanya kegiatan usaha ini supaya imbasnya dapat meningkatkan pendapatan warga masyarakat khususnya Desa Kepek.

Selain itu, dengan sentuhan technologi dapat berkembang dengan baik dan perlu adanya kolaborasi dengan dinas Pendidikan agar para siswa dapat mengenal tanaman Hidroponik menggunakan media tanam air dan nutrisi melalui kegiatan Agro technopark.

Sementara itu, Dr. Paul Sutopo Cokronegoro, CEO Gunungkidul Agro Technopark mengatakan,
Kegiatan GAP untuk meningkatkan sistem ekonomi kerakyatan yang adil dan sejahtera dengan berkolaborasi UMKM secara berkelanjutan

Selain itu, kegiatan yang didukung oleh 3 (tiga) Bank, Bank BPD DIY, Bank BPD Jateng, Bank Sinarmas juga menyertakan PT. Bahana Modal Ventura itu kedepan akan memperkuat penemuan baru mengenai pengetahuan hidroponik.

“Hidroponik dan Sapi bukan milik GAP, akan tetapi milik penduduk dukungan,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa GAP ada 4 (empat) produk diantaranya, 1. Pendampingan, 2. pendidikan dan latihan,
3. Akses Dana kebersamaan dengan Bank yang telah menjadi mitra dari GAP dan
4. Akses Pasar juga sudah kita Usahakan Produk Hidroponik, Ternak Sapi, Lele

Santoso, Dirut BPD DIY menambahkan, dengan hidroponik salah satu alternatif untuk meningkatkan ketahanan pangan dan juga sebagai obyek wisata.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat memberikan kesejahteraan masyarakat Gunungkidul,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan peninjauan lokasi Tanaman Hidroponik karya dari warga dusun Sumber Mulyo terdiri dari Tomat, Melon Luna, Selada dan Strawberi dengan media tanam air dan nutrisi.(mega).