Anggaran terbatas, DPUPRKP Bangun Jalan secara bertahap

 

Wonosari, Suaragunungkidul-Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) mendata ruas jalan kabupaten Gunungkidul hampir 60% rusak. Disebabkan dana anggarannya terbatas, pihaknya memperbaiki dengan cara bertahap.

Eddy Praptono, Kepala DPUPRKP, Kabupaten Gunungkidul, menjelaskan beberapa hari yang lalu, jalan yang normal hanya 40%, sedangkan sekitar sepanjang 1.200-an kilometer mengalami kerusakan ringan sampai berat.

Dia menuturkan, hampir setiap tahun pemkab mengalokasikan anggaran untuk perbaikan jalan. Hanya saja, dari total alokasi belum bisa menyasar keseluruh titik yang rusak sehingga prosesnya dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan skala prioritas.

“Jalan prioritas yang dilakukan perbaikan adalah jalur menuju kawasan wisata, untuk program 2019, pemkab sudah mengalokasikan anggaran,” jelasnya.

Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul Purwanto mengakui masalah infrastruktur di Gunungkidul khususnya mengenai jalan masih banyak yang rusak.

Dia juga mengakui, anggarannya sangat terbatas, namun tetap harus ada upaya perbaikan, walaupun belum secara menyeluruh.

“Mengingat anggaran maka harus bertahap,” pungkasnya.(Joko N)