Dana Bantuan Sosial Program Keluarga Haarapan Tahun Depan Naik Dua Kali Lipat.

Wonosari, Suaragunungkidul.com-Tahun 2019, Pemerintah Indobesia akan menaikan 2 kali lipat dana bantuan sosial (Bansos) program keluarga harapan (PKH). Tidak hanya naik bansosnya, namun jumlah penerimanya juga akan bertambah.
Seperti dikutip dari Kompas.com yang diunggah hari Senin (03/12), Presiden Joko Widodo menyampaikan adanya kenaikan dana bansos PKH  pada saat sosialisasi dana PKH di Otista, Jakarta Timur, Senin (3/12/2018).
“Sekarang per tahun Rp 1.890.000 (per keluarga). Tahun depan Insyaallah akan naik dua kali lipat, siapa yang tidak setuju maju ke depan,” tanya Jokowi.
Tak hanya jumlah bantuannya yang bertambah, Jokowi juga memastikan pada tahun depan jumlah penerima PKH bertambah. Jika tahun ini penerima program ini adalah 6 juta keluarga, maka di tahun 2019 jumlahnya bertambah menjadi Rp 10 juta keluarga.
“Kita harapkan kenaikan anggaran PKH betul-betul bermanfaat bagi ibu bapak semua, terutama yang memiliki usaha,” kata Jokowi.
Jokowi menambahkan, penyaluran dana PKH pada tahun 2019 mendatang juga akan dimajukan. Jika pada tahun ini penyaluran PKH dilakukan bertahap empat kali dimulai Februari, maka tahun 2019 penyalurannya akan dimulai pada Januari.
“Jadi maju, Januari, April, Juni, Oktober,” ujarnya.
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan dana PKH akan berguna untuk membantu masyarakat memenuhi gizi seperti untuk membeli susu atau pendidikan bagi anak-anak.
 Jokowi yang didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita itu mewanti-wanti agar uang PKH tidak digunakan untuk membeli rokok.
“Kalau ketahuan untuk beli rokok nanti dicabut,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
Dalam acara ini, hadir 1.725 orang warga. Sebanyak 1.250 orang penerima PKH dari Jatinegara, 275 pendamping PKH DKI Jakarta, dan 200 Pendamping Se-Jabodetabek.(red/kompas.com)
Sumber : Kompas.com