Lupa Memadamkan Sisa Api Tungku, Rumah dan Kandang Ternak Terbakar

Tepus, SuaraGunungkidul.com-Rumah dan Kandang Ternak Sapi Ngatimin (65) warga RT 01/08, Padukuhan Pule Kulon, Desa Sidorejo, Kecamatan Tepus terbakar, Rabu malam (05/12). Insiden itu terjadi akibat Ngatimin lupa mematikan sisa api di tungku sehabis memasak. Akibatnya korban harus menanggung kerugian puluhan juta rupiah.

Kapolsek Tepus, AKP Mustaqim menjelaskan, kebakaran yang terjadi pukul pukul 20.00 WIB, berawal ketika korban memasak di dapur yang masih menggunakan tungku kayu bakar. Sehabis memasak korban langsung menengok saudaranya yang sedang sakit lupa tidak mematikan sisa api yang berada di tungku.

“Sehingga terjadilah kebakaran, api merambat ke dinding dapur dan kandang ternak sapi yang berdekatan dengan dapur,” terang Mustaqim, Kamis pagi (06/12).

Wargapun beramai-ramai gotong royong berupaya untuk memadamkan api yang sudah terlanjur membakar dapur dan kandang ternak korban. Kurang lebih 1 jam api dapat dipadamkan oleh warga dengan bantuan 1 unit tangki air dari warga setempat.

“Beruntung dalam insiden itu tidak ada korban jiwa dan ternak sapi dapat diselamatkan oleh warga,” imbuhnya.

Penyebab kebakaran diduga karena kelalaian pemilik rumah yang tidak memadamkan sisa api tungku, yang akhirnya membesar dan mengakibatkan kebakaran.

“Akibat peristiwa itu, korban mengalami kerugian sekitar RP 35 juta,” pungkasnya.(Joko N)