Berbagi Air Bersih PKPU Human Initiative di Kecamatan Ngawen Ke 14 Menyasar 70 KK.

Ngawen, Suaragunungkidul.com-Bertempat di Balai Padukuhan Dungmas, program berbagi air bersih dari PKPU Human Initiative Cabang DIY di Dusun Dungmas, Desa Watusigar, Kecamatan Ngawen diresmikan, Kamis pagi (06/11). Bantuan dari PKPU Human Initiative ini sudah yang ke 14  diresmikan dengan sistem yang sama.
“Program berbagi air bersih telah diigunakan oleh 70 KK,” ujar Kades Watusigar, Giman, Kamis (06/12).
Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa Jumlah Kepala Keluarga di Padukuhan Dungmas sebanyak 168 jiwa yang terdiri dari laki laki : 141 jiwa dan perempuan : 27 jiwa jumlah penduduk di desa Watusigar sebanyak 500 jiwa terdiri laki laki 204 jiwa dan perempuan 256 jiwa
Dijelaskan pula oleh Giman, program Pembagian air bersih ini merupakan kerjasama dengan PT. Human Initiative DIY dimana dana yang masuk dari PKPU sebesar 200 Juta ditambah swadaya masyarakat sebesar 50 juta jumlah 250 juta dan program berbagi air bersih telah diigunakan oleh 70 KK
“Semoga program ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan kesejahteran dan kententraman bagi warga Dusun Dungmas,” akhirnya.
Ditempat yang sama,  Muthori, Direktur PKPU Human Initiative DIY, menyampaikan, Lokasi ini merupakan daerah yang ke 14 diresmikan dengan sistem yang sama dan sudah dimanfaatkan oleh masyarakat.
Kedepan setelah peresmian program berbagi air bersih di Dusun Dungmas Desa Watusigar akan dibangun di 2 lokasi yang berada di Kecamatan Ponjong, Nglipar dan di Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari.
Muthori menjelaskan bahwa PKPU Human Initiative merupakan lembaga sosial sebagai Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) atau Organisasi Sosial (ORSOS) yang pada tanggal 10 Desember 2018 nanti genap 19 tahun.
Momen peresmian program air bersih yang telah dibagun ini jangan berakhir sampai disini tentunya setelah diresmikan ada upaya berkelanjutan.
“Agar terus berjalan dan memberikan dampak positif untuk kesejhteraan masyarakat,” pungkasnya.
Sementara itu sambutan Bupati Gunungkidul yang diwakili Wakil Bupati Gunungkidul, Dr. Immawan Wahyudi, MH, mengucapkan terima kasih kepada PKPU Human Initiative Yogyakarta, yang kembali menunjukkan perhatian dan kepeduliannya terhadap kondisi masyarakat Kabupaten Gunungkidul.
“Dengan pembangunan sumur bor dan instalasi air bersih bagi warga Padukuhan Dungmas, Desa Watusigar, Kecamatan Ngawen,” jelasnya.
Pemenuhan kebutuhan air bersih, lanjut Immawan,  masih menjadi masalah di beberapa daerah, termasuk di wilayah Desa Watusigar ini.
Selain karena kondisi geografis yang merupakan dataran tinggi kering, minimnya pepohonan penyerap air juga menjadi kendala kurangnya sumber-sumber air permukaan di daerah ini.
Akan tetapi disisi lain, menurut dia, potensi air bawah tanah sebenarnya cukup melimpah, hanya saja dibutuhkan teknologi khusus untuk mengangkat potensi tersebut melalui bantuan instalasi air bersih dari PKPU Human Initiative ini menjadi salah satu solusi pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga Padukuhan Dungmas, Desa Watusigar.
Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sendiri terus berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik Pemerintah Pusat, swasta, akademisi, maupun masyarakat sendiri untuk terus mengupayakan yang terbaik sebagai solusi jangka panjang pemenuhan kebutuhan air bersih bagi seluruh warga.
“Saya sangat berharap agar seluruh warga dapat bahu-membahu menjaga, merawat, dan memelihara sarana dan prasarana yang ada sehingga kemanfaatnya dapat lestari hingga dinikmati anak cucu,” pungkasnya.(Joko N).

Open this in UX Builder to add and edit content