Kesbangpol Kumpulkan Ormas Tangkal Isu Berita Hoax, Sara dan Money Politik.

Wonosari, SuaraGunungkidul.com-Sedikitnya 40 Organisasi Masyarakat (Ormas) di Gunungkidul dikumpulkan di Ruang Rapat Setda Gunungkidul, Kamis (06/12). Acara yang dipandegani oleh Kesbangpol DIY tersebut dalam rangka sosialisasi kepemiluan untuk menangkal isu berita hoax, isu sara dan money politik.
Anggota KPUD DIY, Komisi Data dan Informasi, Wawan Budiarto sebagai nara sumber menjelaskan, tiga isu utama itu yang harus dihadapi secara bersama-sama. Oleh karena itu, apapun bentuk dukungannya, namun 3 hal itulah yang harus dihindari. Sehingga bisa disosialisasikan kepada masyarakat untuk lebih waspada menghindari isu-isu tersebut.
Disinggung masalah tingkat kerawanan Pemilu, menurut dia Gunungkidul relatif aman. Walaupun  indek tingkat kerawanannya tinggi, namun demikian secara fakta tidak demikian.
“Belum pernah ada problem terkait Kamtibmas dalam penyelenggaraan Pemilu,” ujarnya.
Oleh karenanya, Gunungkidul khususnya dan DIY pada umumnya, untuk bisa membuktikan bahwa Pemilu tahun 2019 nanti akan berjalan dengan aman dan lancar.
Ditambahkan, Ormas bukanlah soal dukung mendukung, namun demikian ormas adalah bagian dari koordinasi, komunikasi dan edukasi terkait dengan penggunaan hak pilih secara tepat dan benar.
Sementara itu, anggota DPRD Provinsi DIY, Bambang Krisnadi, salah satu nara sumber dalam sosialisasi mengatakan, jika sosialisasi ini bukanlah hanya kepada ormas saja. Namun juga kepada kalangan pelajar, tokoh masyarakat dan semua elemen masyarakat yang lainya.
Ormas dan tokoh masyarakat diberikan sosialisasi tentang kepemiluan diharap bisa menjelaskan kepada pengikutnya.
 “Supaya bisa ikut mensukseskan dalam pesta demokrasi nanti,” ucapnya.(Joko N)