Pemkab Gunungkidul Dorong Destinasi Wisata Baru untuk Membentuk Pokdarwis

2
Wonosari, Suaragunungkidul-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul mengundang 30 peserta sosialisasi Geopark dari Pokdarwis yang berasal dari berbagai destinasi wisata yang baru muncul. Acara yang diselenggarakan di Ruang Rapat Gunungsewu Geopark, Dispar Gunungkidul, Kamis, 06/12/2018 ini, Pemkab mendorong Distinasi wisata yang baru muncul untuk membuat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).
Dalam sosialisasi tersebut secara garis besarnya bertujuan membantu program pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk menjadikan Gunungkidul menjadi daerah tujuan wisata yang berbudaya.
Potensi wisata Gunungkidul beragam jumlahnya yang bisa diangkat untuk menjadikan obyek wisata yang baru. Keragaman budaya, keindahan alam, ratusan tempat-tempat religi, dan berbagai macam cerita dan sejarah disetiap wilayah merupakan potensi wisata yang belum semua tergali.
“Inilah yang perlu kita gali kembali, pertama yang harus dilakukan dengan cara membentuk Pokdarwis,” ujar Sujarwono, Kepala Seksi Kelembagaan, Dinas Pariwisata Gunungkidul, Kamis, 06/12/2018.
Karena menurut dia, semua potensi wisata tidaklah mungkin ditangani sendiri, harus membuat kelompok. Jika sudah terbentuk Pokdarwis, pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata bisa mudah mendeteksi dan mengetahui sehingga bisa membantu kesulitan yang dihadapi.
¬†“Misal bagaimana cara pengembanganya, bagaimana cara pemasarannya,” jelasnya.
Hal senada juga diungkapkan Lutfi Setya Nugraha, Staf Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul.
Kalau sudah terbentuk Pokdarwis, pihaknya akan membantu dalam hal promosi keluar, sehingga distinasi wisata itu bisa maju dan berkembang.
“Akhirnya masyarakat yang diuntungkan, karena bisa meningkatkan ekonomi, yang berujung pada peningkatan taraf hidup masyarakat,” terangnya.
Namun, tentu ini tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan. Perlu perjuangan yang keras untuk mewujudkan semua itu.
“Memang dikala belum eksis, seakan diabaikan tidak ada yang peduli, namun jika sudah digarab dan menjadi tenar, semua orang kepingin memiliki,” tambahnya.
Dia berharap nanti akan muncul Pokdarwis-pokdarwis baru yang bisa mengembangkan daerahnya masing-masing.
“Sehingga cita-cita Bupati Gunungkidul yang tentu menjadi program utama Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bisa tercapai,” pungkasnya.(Joko N).



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.