Tanamkan Antikorupsi pada Generasi Muda Siswa SMAN 5 Raih Juara 2 Lomba Kata-Kata Bijak Antikorupsi

Palangka Raya, suaragunungkidul.com – Sikap dan perilaku antikorupsi mesti terus digelorakan kepada semua orang. Begitu pula para generasi muda, termasuk para pelajar juga harus ditanamkan karakter antikorupsi sejak dini. Tentu ini tidak mudah dan harus terus dilakukan oleh semua pihak yang peduli terhadap upaya pemberantasan korupsi.

Berkaitan dengan itu, dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) yang Kejaksanaan Negeri Palangka Raya menggelar kegiatan untuk para pelajar, salah satunya Lomba Kata-Kata Bijak Pemberantasan Korupsi. Kegiatan ini diikuti oleh para pelajar SLTA di Kota Palangka Raya.

Tak ketinggalan SMAN 5 Palangka Raya pun turut berpartisipasi dalam kegiatan itu. Bahkan, salah satu siswanya, yakni Devanus Cristiawan berhasil meraih juara 2. Maka hadiah berupa piagam, piala, dan uang pembinaan satu juta rupiah pun diperolehnya. Guru pembimbing yang merupakan guru PPKn, Rini Jayusman, S.Pd., yang mendampingi para siswa dalam kegiatan itu mengapresiasi prestasi yang diperoleh siswanya, Senin, 10 Desember 2018.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menguatkan karakter antikorupsi bagi para siswa. Korupsi memang harus terus diberantas di semua tempat dan di segala waktu. Pemberantasan korupsi tentu tak cukup dengan peringatan dan kata-kata bijak. Langkah nyata secara menyeluruh dengan penegakkan hukum yang tegas tentu harus dilaksanakan untuk menjadikan negara ini tidak dirongrong para koruptor,” katanya.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin memberikan dukungan atas prestasi siswanya. Ia menyatakan bahwa pihaknya selalu memfasilitasi siswanya untuk peduli terhadap salah satu masalah yang dihadapi bangsa ini, termasuk upaya pemberantasan korupsi.

“Sikap jujur dan penuh integritas adalah karakter untuk melawan tindak korupsi. Para siswa harus menanamkan budaya antikorupsi sejak dini. Mudah-mudahan ini bisa turut membentuk calon pemimpin bangsa tegas dalam memberantas korupsi,” katanya berharap. (red/lj).