Membaca Dapat Meningkatkan Kreativitas dan Kepercayaan Diri

Wonosari, Suaragunungkidul.com-Pembukaan Pameran Perpustakaan dan Kearsipan di Kabupaten Gunungkidul dilaksanakan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ginungkidul, Rabu (12/12). Membaca dapat meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri serta membuka diri terhadap ide dan informasi baru.

Drs. Ali Ridho, MM Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab. Gunungkidul dalam sambutanya mengatakan, kegiatan pameran perpustakaan dan arsip bertujuan sebagai media informasi untuk menginformasikan kegiatan kegiatan di bidang perpustakaan dan kearsipan.

Selain itu, sebagai media komunikasi agar terjalin komunikasinyang kondusif antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Stake Holder dan Masyarakat. Sebagai media Pendidikan melalui kegiatan bedah buku dan lomba mewarnai guna meningkatkan pengetahuan masyarakat.

“Juga sebagai media rekreasi, masyarakat mendapat hiburan yang menyenangkan dengan mengunjungi Pameran,” jelasnya.

Sementara itu, Hj. Badingah, S.Sos, Bupati Gunungkidul menyampaikan kegiatan ini merupakan momen yang sangat strategis untuk mendukung masyarakat dalam memperluas wawasan dan pengetahuannya dengan membaca.

“Membaca dapat meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri serta membuka diri terhadap ide dan informasi baru, akan membantu perkembangan sisi kreatif otak. Karena otak akan menyerap inovasi tersebut ke dalam proses berfikir kita,” terang Badingah dalam sambutanya.

Menurut Badingah, dengan berkembangnya IT akan berdampak terhadap peningkatan stress serta menurunkan produktivitas. Oleh karena itu, langkah yang tepat dalam mengatasi hal tersebut dengan berupaya semaksimal mungkin menumbuhkan minat baca masyarakat dengan bekerja sama antara guru, orang tua, dan aparat terkait serta membuat kegiatan yang rekreatif dan edukatif.

“Marilah kita jadikan literasi sebagai jalan untuk meraih kesejahteraan,” pungkasnya

Pameran Buku dan Arsip dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 12 sampai 17 Desember 2018 dengan berbagai kegiatan.
Diantaranya, bazaar buku , pameran arsip, lomba mewarnai tingkat SD Kelas 1 s.d 3, bedah buku, diskusi publik dan pameran Produk Perpusdes.

Kegiatan ini didukung oleh Penerbit Elmatera, Penerbit Obor, Penerbit Anak Hebat Indonesia, KUBUKU, Penerbit Narasi Dadang, dan CV Istana.(Joko N)