Bupati Gunungkidul Melantik Dewan Pengawas BDG

Wonosari,Suaragunungkidul.com – Dewan Pengawas Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Daerah Gunungkidul (BDG), Baru saja dilantik Bupati Hj. Badingah, S.Sos., Kamis, (13/12), di Ruang Rapat I Setda Kabupaten Gunungkidul.

Dewan Pengawas BPR BDG, harus bekerja independen, profesional dan proaktif. Pengawasan terhadap bank tidak boleh hanya formalitas, pengawas harus berani menyatakan yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah. Untuk mendapatkan data yang akurat pengawasan harus dilakukan secara aktif.

 

“Tidak boleh hanya formalitas dan duduk dibelakang meja,” kata Bupati, Hj. Badingah S.Sos., dalam mengambil sumpah dan melantik Drs. FL Tri Sumartanto, M.Si., sebagai Ketua Dewan Pengawas BPR BDG.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Gunungkidul, Dr. H. Immawan Wahyudi, M.H., Sekda Ir. Drajad Ruswandono, M.T., Asek I, Drs. Sudodo, M.M., Asek II Ir. Asman Latif, Asek III, Ir. Anik Indarwati, M.P., Direktur Utama BPR BDG Dra.Rini Widiyanti dan sejumlah tamu undangan lainnnya.

Prosesi acara diawali pembacaan surat keputusan, dilanjutkan pengambilan sumpah dan kata pelantikan. Pengawasan proaktif ini, ditambahkan Bupati, agar dapat segera menemukan permasalahan yang ada dan selanjutnya dapat segera mencari solusi atas permasalahan yang timbul.

Dewan pengawas harus ikut serta memperhatikan iklim usaha perbankan yang semakin kompetitif, dan dapat terus mendorong agar BDG dapat menyikapi setiap perkembangan secara cepat dan tepat.

“Di sinilah Dewan Pengawas dipertaruhkan untuk menjaga kekompakan yang telah terbangun, memperkuat sinergitas dengan seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) serta jaringan perbankan yang lain,” tambahnya.

Bupati juga meminta agar Dewan Pengawas mampu menjadi penyeimbang fungsi manajerial dalam hal ini menjadi management balancing sehingga mampu menjamin berlangsungnya tata kelola organisasi secara profesional, transparan dan akuntabel serta fokus pada target yang sudah ditetapkan, agar kepercayaan publik tetap terjaga.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus mendukung dan berkomitmen terhadap pengembangan BPR BDG. Untuk itu BDG harus dengan kerja keras, disiplin, kreatif dan berinovasi agar menjadi pengungkit utama dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat Gunungkidul dan Tahun 2019 harus memacu diri berlari lebih kencang untuk kesejahteraan masyarakat secara umu,” pinta Bupati. (wawan/red)