Untuk Tangani TBC di Kabupaten Gunungkidul, Aisyiah Dorong Bupati Segera Keluarkan Perbub.

 

Wonosari, Suaragunungkidul.com-Aisyiyah Gunungkidul mendorong pemerintah daerah untuk menerbitkan peraturan daerah untuk memaksimalkan penanggulangan Tuberculosis (TB). Oleh karena itu di Ruang Rapat Bupati Kabupaten Gunungkidul melakukan Audiensi antara Pimpinan Daerah Aisyiah Kabupaten Gunungkidul dengan Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos. Audensi terkait Penerbitan Perbub dalam rangka Kegiatan PD Aisyiah Gunungkidul.

Endang, Pimpinan PD Aisyiah menjelaskan dihadapan bupati, bahwa PD Aisyiah sudah 2 tahun melaksanakan kegiatan mendukung pemerintah dalam mencari masyarakat yang terindikasi TBC melalui sayap organisasi yang dimiliki salah satunya melalui kegiatan pengajian.

Selain itu, selama 2 Tahun bergerak berhasil menemukan sebanyak 200 orang masyarakat yang positif TBC

Oleh karena itu, untuk melanjutkan kegiatan rencana aksi daerah (RAD) yang legal, PD Aisyiah harus mengajukan Payung Hukum.

“Dengan menerbitkan Peraturan Bupati (Perbub) dalam mendukung pemerintah daerah tahun 2035 bebas TBC,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos, menyampaikan, pada prinsipnya Pemda Gunungkidul mendukung kegiatan rencana aksi daerah yang dilaksanakan oleh PD Aisyiah Gunungkidul dan Penerbitan Perbub melalui Instansi Terkait yakni Dinas Kesehatan Gunungkidul.

“Payung hukum berupa (Perbub) tersebut dapat diterbitkan melalui Dinas Kesehatan dikarenakan PD Aisyiyah merupakan Lembaga Non Pemerintah,” ucapnya.

Diakhir kegiatan audiensi diserahkan secara simbolis diserahkan draft Raperbub tentang Penanggulangan TBC kepada Bupati Gunungkidul.

(Joko)

Open this in UX Builder to add and edit content