Lion Club Yogyakarta Puspita Mataram Audiensi Dengan Bupati Gunungkidul,Bakal Tanam 10.000 Pohon.

Wonosari,Suaragunungkidul.com – Bupati Hj. Badingah, S.Sos., menerima Presdir Loin Club Yogyakarta Puspita Mataram, Tuning Rusminto, bersama rombongan dalam rangka audiensi rencana penanaman 10 ribu pohon di wilayah Kabupaten Gunungkidul, Jumat, (28/12), di Ruang Rapat Bupati.

Disampaikan kepada Bupati bahwa kegiatan bakti sosial dari Lion Club Yogyakarta Puspita Mataram yang bekerja sama dengan Lion Club Jakarta tersebut rencananya akan dilaksanakan pada bulan April 2019 mendatang. Sedangkan inti dari kehadirannya yaitu mohon arahan dari Bupati sekiranya dimana wilayah yang diizinkan untuk ditanami.

Usulan yang disampaikan jenis tanaman yang akan dibawa adalah pohon pewarna alami dengan tujuan untuk dimanfaatkan bagi para pembatik yang ada di Kabupaten Gunungkidul, serta pepohonan yang dapat dimanfaatkan sebagai eduwisata sebagai pendukung sektor pariwisata.

Selain 10 ribu bibit pohon juga akan di berikan pupuk tetapi hanya pada tahap awal, diharapkan jika rencana ini sudah terealisasi akan ada perawatan berkelanjutan dari masyarakat dan dukungan pemerintah daerah.

Usai Tuning Rusminto memaparkan maksud dan tujuannya, Bupati Badingah, mengucapkan terima kasih atas kepeduliannya terhadap warga masyarakat Gunungkidul, untuk tindak lanjut penanaman pohon akan dikoordinasikan dengan OPD terkait baik lokasi penanamannya maupun perawatan selanjutnya. Arahan dari Bupati agar ketepatan waktu penanaman diperhatikan, “jika bisa masih pada musim penghujan, karena apabila bulan April baru ditanam tidak lama lagi akan memasuki musim kemarau, jangan sampai hanya bisa menanam tetapi kedepan harus diperhatikan”, terang Badingah.

Diharapkan program ini juga akan menjadi wisata edukasi dalam rangka mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

“Jika akan memberikan bantuan pohon ya satu paket diberikan pula pupuknya”, pinta bupati.

Bupati sangat mengapresiasi rencana kegiatan ini dan tentunya ini juga dibutuhkan partisipasi masyarakat untuk keberlangsungan dan kelancaran kegiatan tersebut. Diminta agar selanjutnya OPD terkait mengkoordinasikan dan mempersiapkannya.

Hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas Sosial, Siwi Iriyanti, Kabag Kesra, Azis Saleh, Kabid IKP, Supriyanto.

Pada kesempatan yang sama Azis Saleh menambahkan yaitu ketepatan waktu tanam, dan jenis pohon sebagian agar diberikan buah jambu merah dengan pertimbangan dapat hidup pada lahan yang tidak banyak membutuhkan air, “selain buahnya juga daunnya juga dapat dimanfaatkan sebagai obat”, pungkasnya. (ady/tim_IKP)