Setelah Digembleng 4 Bulan Ibu – Ibu PEKKA di Wisuda,Akan Langsung Terjun Ke Masyarakat.

 

Nglipar, Suaragunungkidul.com-Setelah mengikuti pembelajaran selama 4 bulan, akhirnya Ibu-ibu Akademi Paradhika PEKKA diwisuda yang dipusatkan di Balai Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, Kamis (27/12).
Acara wisuda ini merupakan rangkaian kegiatan Serikat Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dalam menggelar Festival Klinik Informasi dan Layanan Konsultasi (KLIK) di Gunungkidul.

Sebelum acara wisuda, Festival KLIK diisi dengan Seminar bertajuk Kepemimpinan Perempuan untuk Layanan Dasar dan Perlindungan Sosial yang Berkualitasl. Dalam seminar tersebut disampaikan capaian dan agenda-agenda program KLIK PEKKA ke depan di Gunungkidul serta penyampaian program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS.

Mibnasah Rukamah, S.Ag, fasilitator Lapangan dan Koordinator Program Penguatan Hukum Perempuan mengakui sebelum 14 Wisudawan mendapatkan sertifikat, para Akademia diberikan pembelajaran dari Yayasan PEKKA selama 4 bulan.

“Harapannya supaya perempuan bisa menyampaikan ilmu-ilmunya ke masyarakat, bagaimana kiprahnya di masyarakat, dan bisa berkontribusi untuk pembangunan kedepannya,” ujarnya.

Program pembelajaran yang disampaikan, lanjut dia, diantaranya tetang kesehatan, pendidikan kemasyarakatan, penguatan politik untuk ibu-ibu dan lain-lain.

Dia mengakui kesadaran ibu-ibu cukup besar meluangkan waktu untuk belajar di Akademi Paradhita PEKKA dengan suadaya. Artinya tidak diberikan biaya transpor atau apapun.

Walaupun ia juga menyadari tidak semua ibu-ibu bisa mengikuti pelajaran, terkendala dengan tidak ada dukungan dari keluarga, harus mencari nafkah keluarga dan tidak bisa membagi waktu.

“Karena terlihat dari awal yang mendaftar 23 peserta yang lulus hanya 14 Akademia, yang lainya berhenti ditengah jalan,” jelas dia.

Dia berharap, kedepan kerjasama dan dukungan dengan pemerintah daerah maupun propinsi semakin baik.

“Sehingga nantinya program PEKKA akan disinergikan dengan program-program pemerintah, untuk kepentingan masyarakat secara keseluruhan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, KLIK PEKKA adalah inisiatif untuk menyediakan ruang dan memfasilitasi masyarakat mengkonsultasikan permasalahan layanan dasar dan program Jaminan Kesehatan Nasional dari pemerintah.

Kabupaten Gunungkidul, program KLIK PEKKA sudah terlaksana di beberapa desa di 3 Kecamatan. Diantaranya Kecamatan Nglipar, Gedangsari dan Karangmojo.

(Joko)

Open this in UX Builder to add and edit content