Bupati Gunungkidul Meresmikan SLB Krida Mulya III Semanu, Sekolah Yang Siswanya Tak Dipungut Biaya ( Gratis ).

Semanu, Suaragunungkidul.com – Bupati Gununhkidul meresmikan SLB Krida Mulya III Selasa 29/1/19 Sebelum diresmikan Bupati terlebih dahulu di lakukan penyerahan Gedung SLB Krida Mulya III oleh Yayasan Kawan Sejalan kepada Yayasan Tunas Krida Harapan Bangsa dan baru dilaksanakan peresmian oleh Bupati Gunungkidul Hj.Badingah,S.Sos.

Bupati menyampaikan sambutan peresmian SLB Krida Mulya III

Drs.Sumedi Ketua Yayasan Tunas Krida Harapan Bangsa melaporkan, dalam rangka mendukung dan program pemerintah dalam bidang pendidikan kususnya pada anak berkebutuhan kusus kami telah merintis SLB sejak tahun 2007 yang pertama kali yaitu Krida Mulya I di Rongkop dalam berjalannya waktu merespon kebutuhan masyarakat dan di bantu pemerintah setempat maka pada tahun 2009 telah berdiri SLB Krida Mulya II di Paliyan, tahun 2017 didirikan Krida Mulya III di Semanu atas dukungan Muspika dan masyarakat Kecamatan Semanu, Sampai saat ini animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya sekolah di SLB semakin besar.

Camat Semanu menandatangani peresmian SLB Krida Mulya III

Dilaporkan Sumedi siswa di Krida Mulya I Rongkop ada 88 anak, Krida Mulya II Palian 51 anak, dan Krida Mulya III Semanu ada 57 anak dengan berbagai macam tuna serta dilayani oleh 26 guru dan 20 staf.

Atas bimbingan para pengasuh dan bapak ibu guru perkembangan anak semakin mengembirakan hal ini bisa dilihat beberapa prestasi yang telah di capai. Dan perlu kita syukuri  SLB Krida Mulya III diberikan bantuan dari Yayasan Kawan Sejalan berupa ruang kelas, ruang guru, ruang terapi, ruang praktik serta fasilitasnya dan juga fasilitas air bersih dengan pengeboran air tanah disekitarnya.

Sekolah SLB Krida Mulya tidak dipungut biaya alias (gratis)imbuhnya. Sementara Drs. Sangkin, M.Pd Kepala Balai DikMen sekaligus mewakili Kadis Dikpora DIY dalam sambutanya menyampaikan peningkatan mutu pendidikan salah satu penentu adalah sarana dan prasarana, apalagi itu dipakai untuk melayani anak-anak yang berkebutuhan khusus, sangat dibutuhkan sarana prasarana dan sumber daya manusia yang memadahi.

Harapan kami selaku aparat Dinas Pendidikan dan Olahraga Yogyakarta, setelah adanya bantuan ini betul-betul bisa dimanfaatkan sehingga anak-anak yang berkebutuhan khusus bisa belajar dengan karya-karya yang membanggakan bahkan bisa melebihi kawan-kawan atau siswa yang tidak berkebutuhan khusus. Oleh karena karena itu dengan adanya fasilitas ini maka anak-anak kita akan bisa berkarya lebih baik dan meningkatkan IPM di Gunungkidul.

Raja Saharudin mewakili Yayasan Kawan Sejalan menyampaikan Alasan kenapa kami banyak membantu Gunungkidul karena ketulusan ikhlas dari teman-teman kita yang ada di Negeri Belanda terutama Yayasan Janvinkstichting serta sponsor lain Wilde Ganzen dan yang lainnya untuk pendidikan khususnya yang berkebutuhan khusus di Kabupaten Gunungkidul, kita berharap kepada SLB Krida Mulya III untuk dapat merawat dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Selanyanjutnya Bupati Gununungkidul Hj.Badingah,S.Sos pada kesempatan yang sama mengatakan, Gedung SLB Krida Mulya III diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Gunungkidul khususnya yang berkebutuhan khusus, Bupati mengucapkan terimakasih kepada yayasan kawan sejalan yang sudah memberi banyak bantuan kepada masyarakat Gunungkidul.

Yayasan Kawan Sejalan juga membantu SMPN Saptosari kemudian SLB Ngoro-oro Patuk baik bangunan maupun mengangkat air selanjutnya SLB Panggang, Panti Asuhan Playen, SLB Tepus, TK Widoro, dan saat ini membantu SLB Krida Mulya III ini. Kita selaku Pemerintah berkewajiban memenuhi hak dasar warga salah satunya Pendidikan dan Alhamdulilah sudah diringankan dari berbagai bantuan- bantuan yang diberikan kepada pemerintah daerah, di Kabupaten Gunungkidul banyak sekali SLB yang memerlukan perhatian namun karena keterbatasan kita belum bisa memberikan semuanya, untuk itu saya memberikan apresiasi kepada Yayasan Tunas Krida Harapan Bangsa yang sudah berusaha bagaimana mencari trobosan pihak ketiga. Selanjutnya saya berharap agar anak anak yang berkebutuhan kusus bisa menjadi anak yang mandiri dan bisa berprestasi serta bisa mengurangi beban orang tua, dan kepada SLB Krida Mulya III saya mohon bisa menjaga dan memanfaatkan dengan baik fasilitas yang diberikan ini.

Acara  tersebut dihadiri selain Bupati Gunungkidul hadir pula Dikpora DIY, Kadis Dikpora Gunungkidul, Kadis PUPRKP, Kadis Sosial, Kabag Kesra, Kominfo, Camat dan Muspika, Yayasan Kawan Sejalan, serta semua pengurus dan pengelola Yayasan Tunas Krida Harapan Bangsa, Kades Ngeposari, serta siswa dan Wali murid SLB Krida Mulya III, dan di meriahkan dengan penampilan tarian
Siswa SLB serta pameran hasil karya siswa dan di akhiri dengan penggguntingan buntal dilanjutkan peninjauan ruang kelas. (red/tim_IKP)