Hadiri Musrengbang Kecamatan Semin Bupati Berharap Gunungkidul Tetap Adem,Tentrem Mendekati Pileg.

Semin,Suaragunungkidul.com – Banyaknya kegiatan tak menjadi hambatan bagi Bupati, Hj. Badingah untuk menghadiri acara musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kecamatan (Musrenbang) Tahun 2020.

Bupati beserta jajaran menyanyikan lagu Indonesia Raya

Hal ini terlihat dari  kehadiran Bupati yang selama empat hari berturut-turut menghadiri musrenbang di empat kecamatan, yakni Kecamatan Semanu, Kecamatan Saptosari, Kecamatan Ponjong dan Kamis, (31/01) di Kecamatan Semin, hal tersebut karena Bupati semata-mata agar dapat bertatap muka secara langsung dengan masyarakat untuk memberikan semangat dan dorongan dalam menampung aspirasi yang disampaikan.

Bupati dalam Sambutan Musrenbang Tahun 2020 Kec.Semin

Tak jauh berbeda dengan Musrenbang di Kecamatan yang sebelumnya telah  dikunjungi, usulan yang disampaikan masyarakat pada umumnya terkait peningkatan infrastruktur jalan, pendidikan, pelayanan kesehatan, pertanian serta sektor pariwisata.

Lebih lengkap Camat Semin, Drs.Witanto, menjelaskan, yang menjadi prioritas wilayah Kecamatan Semin, disesuaikan dengan misi Kecamatan Semin point ke 4 yaitu mewujudkan pemberdayaan sumber daya alam dan peningkatan perencanaan pembangunan, yang salah satunya adalah rencana pembangunan showroom produk unggulan Kecamatan Semin yang nantinya akan menjadi pusat kegiatan kebudayaan Semin dan tempat menampilkan produk kerajinan/industri/olahan makanan dari seluruh wilayah Semin, serta sebagai pusat pelatihan dalam pengolahan produk, pengemasan dan pemasaran produk dalam mendukung sektor pariwisata, juga sebagai tempat atraksi budaya dan penampilan potensi budaya.

Harapannya kedepan akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Semin dan Gunungkidul pada umumnya.

“Semoga mimpi besar ini akan segera terealisasi dan Wilayah Kecamatan Semin kedepan bukan hanya sebagai tujuan wisata tetapi menjadi penyangga wisata”, harap witanto.

Dihadapan Bupati dirinya juga menyampaikan agar pemerintah desa tidak hanya memfokuskan pada pembangunan fisik tetapi agar mulai pada pemberdayaan yang langsung dapat berdampak pada masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati, mengungkapkan, perencanaan pembangunan tahun 2020 penting,  karena akan menjadi bahan untuk mengambil kebijakan sekaligus menentukan arah pembangunan yang akan dilaksanakan Pemerintah Daerah.

Kecamatan Semin merupakan Pusat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dan juga merupakan wilayah perbatasan sehingga wilayah Semin merupakan kawasan strategis bidang industri setelah Mijahan Kecamatan Semanu, hal ini ditunjukkan dengan keberadaan PT. Woonel Midas yang mudah-mudahan dapat meningkatkan dan menyerap tenaga kerja lokal.

Lebih jauh juga dijelaskan angka kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul menurun, seiring dengan meningkatnya pemberdayaan yang menumbuhkan perekonomian masyarakat saat ini.

“Gunungkidul harus berubah supaya tidak dipandang sebelah mata, mari kita bersama-sama mendorong anak-anak kita untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya demi meningkatnya SDM di kabupaten Gunungkidul”

Kreativitas masyarakat juga menjadi salah satu kebanggaan Badingah, salah satunya kemauan dan keinginan warganya dalam membangun sebuah kawasan wisata, yang sekarang sangat pesat kemajuannya. “saya itu hanya jadi tukang ambil penghargaan, sebetulnya yang mendapat penghargaan itu masyarakat”, kelakar Badingah.

Ditegaskan juga bahwa puluhan penghargaan yang dianugerahkan kepada Pemerintah Daerah Gunungkidul adalah berkat kerjasama, sinergitas antara pemerintah daerah bersama warga masyarakat.

“Kami tidak dapat berbuat banyak tanpa dukungan dari  bapak/ibu semuanya”.

Satu lagi prestasi yang membaggakan, jelas Bupati, yaitu Gunungsewu yang telah diakui UNESCO sebagai Gunung Sewu Global Geopark, dimana banyak daerah yang mengajukan namun tidak semua dapat diakui oleh UNESCO. “ini adalah sebuah prestasi yang sangat membanggakan, Gunungkidul sudah mendunia, bahkan sebelum Nasional mengakui, internasional sudah lebih dahulu mengamati dan mengakui keberadaan Gunungkidul”, terangnya.

Di akhir sambutannya, mengajak warga masyarakat memasuki musim politik agar  menciptakan situasi dan kondisi yang adem ayem dan tentrem (situasi yang sejuk aman dan damai) di wilayah Kecamatan Semin, dan Gunungkidul pada umumnya.

“Karena itu, saya berharap semua pihak mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga anggota DPRD Gunungkidul dapat saling bersinergi dalam pelaksanaan Musrenbang, sehingga prioritas pembangunan tahun 2020 dapat kita tentukan dan akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Turut mendampingi Bupati, Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul, Purwanto, S.T., Ketua Komisi D DPRD, Sunardi, Kepala Bappeda, Sri Suhartanta, dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Kepala Bagian di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. (Red/rim_IKP)

Open this in UX Builder to add and edit content