OPD Kabupaten Gunungkidul Mendapat Penilaian Sangat Baik Dari Kemenpan dan ORI.

Wonosari,Suaragunungkidul.com – Mendapat penilaian dari Kemenpan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul tidak lantas membuat mereka bangga melainkan harus tetap meningkatkan pelayanan (30/1). Tahun 2018 pelayanan publik yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul secara umum dinilai  oleh tim Kemenpan RI maupun dari Ombusmen Republik Indonesia ( ORI)  sangat baik. Hal itu di sampaikan Asisten Administrasi Umum, Ir. Anik Indarwati, MP, didampingi Kabag Organisasi Markus Tri Munarja,SIP, M.SI  dalam pengarahannya ketika memimpin rapat koordinasi Tim Peningkatan Pelayanan Publik Kabupaten Gunungkidul , di Ruang Rapat V Setda Gunungkidul.

Suasana Rapat Koordinasi Tim, RR V Setda Rabu Pagi

Menurutnya,  karena kita dinilai baik maka dalam pelayanan tertentu kita bisa masuk top 35 mapun Top 90,  Oleh karena itu  bagi OPD yang memiliki tupoksi Pelayanan Publik perlu terus ditingkatkan minimal mempertahankan prestasi yang sudah diraih.

Diingatkan, oleh Asisten Administrasi Umum, bagi OPD untuk segera menyusun standar Pelayan dan Standar Operasional Prosedur (SOP)  sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas terutama pelayanan publik atau pelayanan bagi masyarakat.

Lebih jauh Asisten Administrasi Umum mengatakan  kebijakan dihapusnya honor bagi  PNS diLingkungan Pemkab.Gunungkidul dalam suatu kegiatan, diganti dengan poin dalam menentukan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP ) hendaknya tidak membuat nglokro, tetapi justru lebih semangat untukmeningkatkan kinerjanya.

Menyinggung pemberitaan baik di media cetak, maupun media on line dan medsos yang sering mendiskreditkan  nama baik Pemkab.Gunungkidul terkait dengan kasus tertentu, hal ini menjadi perhatian kita semua jajaran Pemkab.Gunungkidul.  Oleh karena itu  OPD yang memiliki Tupoksi Penyelenggaraan Komunikasi Publik dan Diseminasi Informasi khususnya  Dinas Kominfo Kab.Gunungkidul hendaknya segera menetapkan akun resmi Medsos Pemkab.Gunungkidul dan  Tim Pengelola Akun Medsos Pemkab.Gunungkidul serta bersinergi dengan OPD Guna memberikan informasi yang sebenarnya kepada masyarakat. Sekaligus mampu mengkounter   informasi yang tidak benar dikalangan masyarakat. Sehingga Pemkab.Gunungkidul tetap mendapat kepercayaan  dari warga masyarakat.

Sementara Kasi PIK Frans Edy Wardana mewakili Kabid. IKP bahwa Penetapan Akun Media Sosial Resmi Pemkab.Gunungkidul dan Pembentukan Tim Pengelola Akun Medsos Pemkab.Gunungkidul telah disusun draf SK Bupati . Diharapkan dalam waktu dekat sudah bisa  diajukan ke Bagian Hukum untuk koreksi dan tindaklanjutnya.

Terkait Pengelolaan Sub domain website oleh OPD, dinas Kominfo Kab.Gunungkidul dalam hal ini Bidang IKP telah melakukan pendampingan terutama untuk meningkatkat keaktifan update/posting berita dalam website OPD sehingga mampu memenuhi target kinerja,sekaligus meningkatkan keaktifan mengelola website secara bersinergi.

Di tambahkan Rapat Koordinasi Tim Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik tersebut dalam rangka Persiapan Ekspose , hasil Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Tahun 2018. dihadiri perwakilan  OPD yang masuk dalam Tim Peningkatan Pelayanan Publik  Tahun 2019 seanyak 23 orang. (Red/tim_IKP)