17 Tempat Wisata Di Gunung Kidul Selain Pantai Yang Layak Anda Kunjungi

Wonosari,Suaragunungkidul.com – Sering berlibur ke Jogja? Tentunya kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kawasan Gunung Kidul yang belakangan jadi primadona wisata baru di Yogyakarta. Lokasinya yang berada di sisi selatan Jogja membuatnya memiliki deretan pantai berbatu yang elok dan menawan. Setidaknya sudah ada sepuluh pantai yang jadi tempat wisata favorit di Gunung Kidul.

Namun ternyata banyak yang belum tahu kalau ada banyak tempat wisata di Gunung Kidul selain pantai yang sayang untuk dilewatkan. Cek lokasi dan detail infonya di bawah ini ya. Siapa tahu bisa jadi inspirasi liburan yang akan datang.  

1. Taman Bunga Nawari

Tidak jauh dari kawasan wisata Pantai Kukup terdapat sebuah taman bunga matahari yang dikenal sebagai Taman Bunga Nawari. Taman bunga matahari yang ada di sini cukup luas lho. Kamu bisa bebas berfoto bersama deretan bunga matahari yang berjajar rapi.

Datanglah pada pagi hari sebelum pukul 09.00 WIB, maka kamu akan disuguhi oleh pemandangan bunga matahari yang menghadap satu arah ke matahari. Dijamin keren deh!

2. Kebun Bunga Amarilis

Selain bunga matahari, ada pula Kebun Bunga Amarilis yang lebih dulu eksis. Dengan warna oranye menyala, Kebun Bunga Amarilis nampak seperti hamparan permadani yang cerah. Bunga Amarilis ini tidak selalu mekar. Waktu yang disarankan untuk datang ke sini adalah antara bulan Juli hingga Oktober.

Jika cuaca sedang mendukung, bunga amarilis bisa mekar hingga akhir tahun lho. Tidak perlu jauh-jauh ke Keukenhof Belanda, kamu pun bisa berfoto dengan hamparan bunga cantik yang instagramworthy sekali.

3. Goa Pindul

Gunung Kidul memiliki topografi berupa pegunungan kapur. Oleh karena itu, tidak heran bila banyak dijumpai goa bawah tanah dengan aliran sungai yang spektakuler. Salah satu yang terkenal adalah Goa Pindul. Di sini kamu bisa melakukan cave tubing yang mendebarkan sekaligus menyenangkan.Cave tubing adalah sebuah kegiatan menyusuri gua dengan menggunakan pelampung di atas sungai bawah tanah. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

4. Goa Gelatik Lorong Sewu

Tidak jauh dari Goa Pindul terdapat sebuah tempat wisata goa baru bernama Goa Gelatik Lorong Sewu. Dinamakan demikian karena di dalam goa terdapat banyak lorong baik vertikal maupun horizontal. Konon katanya, goa ini sering dijadikan tempat untuk bertapa lho. Kamu bisa menjelajahi goa dan menikmati keindahan dalam goa dengan didampingi pemandu khusus yang sudah berpengalaman.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

5. Goa Jomblang

Bukan hanya goa horizontal tapi Gunung Kidul juga punya goa vertikal. Goa vertikal ini bentuknya mirip seperti lubang bawah tanah. Untuk bisa masuk ke dalam goa kamu akan dilengkapi dengan peralatan khusus beserta para pemandu yang dengan sigap membantu. Tempat wisata ini cocok sekali untuk kamu yang suka dengan tantangan.

Sensasi masuk ke dalam goa sedalam 60 meter ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan seumur hidupmu! Ditambah lagi dengan pesona di dalam goa yang sangat mempesona, mulai dari hutan mini hingga sinar surga yang bernuansa magis. Dijamin tidak akan rugi deh liburan kemari.

6. Cave Tubing Kalisuci

Kalisuci merupakan salah satu sungai bawah tanah yang terkenal. Sungai ini setidaknya melewati empat goa yang ada di Gunung Kidul dan bermuara di Pantai Baron. Aliran airnya sangat jernih karena terlindung dari polusi dan sampah. Dengan pemandangan bawah goa yang spektakuler tidak heran bila Kalisuci menjadi tempat cave tubingyang populer. Jika tidak ingin main air kamu bisa juga hammocking di atas Kalisuci. Asyik sekali, bukan?

7. Rafting Kali Oyo

Pecinta aktivitas pemacu adrenalin pasti suka dengan kegiatan yang satu ini. Apalagi kalau bukan rafting. Kalau biasanya rafting menggunakan perahu karet maka di Kali Oyo ini rafting menggunakan ban-ban pelampung untuk masing-masing orang. Wah, seru ya! Dengan perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam kamu akan dibawa hanyut oleh Kali Oyo menuju sebuah air terjun kecil yang menjadi penanda akhir perjalanan. Di sini kamu harus mencoba sensasi lompat indah dari air terjun. Segar banget deh!

8. Air Terjun Kedung Kandang

Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang berada di dalam hutan. Air Terjun Kedung Kandang ini berada di tengah areal terasering persawahan warga. Tempat parkirnya berada sekitar satu kilometer dari lokasi air terjun.

Air terjun ini memang tergolong landai namun memiliki enam tingkat dan tiga kolam besar yang sangat menakjubkan lho. Pokoknya kalau ke Gunung Kidul akan menyesal kalau tidak mampir ke sini.

9. Air Terjun Sri Gethuk

Nah, kalau air terjun yang satu ini lokasinya berada di Sungai Oyo. untuk menuju ke sini harus menggunakan rakit melewati sungai. Air Terjun Sri Gethuk mengalir dari atas tebing setinggi 50 meter.  

Di sekitar area air terjun terdapat areal persawahan dan hutan yang tampak hijau dan sejuk. Kamu pasti tidak akan tahan untuk tidak berenang dan bermain air. Selain itu, kamu juga bisa mampir masuk ke dalam Goa Rancang Kencono yang terletak satu lokasi dengan air terjun ini.

10. Hutan Wanagama

Hutan Wanagama adalah hutan lindung milik UGM yang berada di kawasan Gunung Kidul. Dulunya areal hutan ini merupakan kawasan tandus dan gersang, namun sejak tahun 1964 telah berubah menjadi hutan hijau yang sejuk dan menyegarkan.

Di areal hutan kamu bisa menemukan berbagai macam pemandangan alam yang menarik, mulai dari air terjun hingga jembatan gantung yang ikonik.

11. Embung Batara Sriten

Embung merupakan istilah Bahasa Jawa yang artinya danau. Keberadaan danau sering dihubungkan dengan suasana tenang dan damai. Hal ini jugalah yang akan kamu rasakan jika berkunjung ke Embung Batara Sriten. Berada di puncak Gunung Batur Agung, danau buatan ini merupakan danau tertinggi yang ada di Jogja lho. Pemandangan senjanya sangat indah dan tidak kalah dengan senja yang ada di pantai.

12. Waduk Beton Indah, Ponjong

Selain embung ada pula destinasi wisata lain yang bentuknya menyerupai dengan danau atau telaga. Namanya Waduk Beton Indah. Di sini kamu akan disuguhi pemandangan danau dengan aneka ragam pepohonan hijau yang mengesankan. Tidak hanya itu, beragam arena dan fasilitas bermain juga sudah tersedia, mulai dari flying fox hingga becak air bisa kamu nikmati.

13. Gunung Api Purba Nglanggeran

Indonesia sebagai negara dengan jajaran gunung api memiliki pesona yang mengagumkan. Salah satunya bisa kita lihat di Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung api purba ini diperkirakan terbentuk sekitar 70 juta tahun yang lalu. Wah, sudah lama sekali ya.

Dengan ketinggian 700 meter, gunung api purba ini nampak kokoh berdiri dengan dominasi batuan hitam breksi. Dari atas gunung kamu akan mendapatkan pemandangan Gunung Kidul yang spektakuler.

14. Gunung Gentong

Jogja memang terkenal dengan nilai filosofi budaya yang khas. Tidak jarang banyak tempat wisata yang memiliki legenda bersejarah. Salah satunya adalah Gunung Gentong. Gunung berbatu ini kabarnya merupakan tempat semedi Raja Majapahit terakhir, yaitu Prabu Brawijaya V.

Puncak Gunung Gentong dinamakan Puncak 4G. Di sini, kamu bisa berswafoto dengan latar belakang pemandangan yang indah dan bahkancamping sambil menyaksikan taburan bintang di langit. Seru sekali, bukan?

15. Bukit Bintang

Untuk kamu penyuka pemandangan kota di kala malam hari wajib hukumnya menyambangi Bukit Bintang. Bukit Bintang biasanya mulai ramai pada sore hari dimana banyak anak-anak muda Jogja berburu pemandangan senja sekaligus lanskap Gunung Merapi Merbabu. Makin malam, bukit ini makin terasa meriah dengan kerlip lampu Kota Jogja dan bintang yang menghiasi langit.

16. Bukit Kosakora

Kalau di Lombok ada Bukit Merese, maka di Gunung Kidul ada Bukit Kosakora. Meski tidak terlalu tinggi, namun pemandangan yang tampak dari bukit ini sangatlah mempesona. Mulai dari pantai berair biru hingga perbukitan Gunung Kidul menjadi latar belakang yang cantik untuk difoto. Sabarlah menunggu saat senja datang, maka kamu akan terpana melihat keindahannya.

17. Lembah Karst Mulo

Seperti sudah disinggung sebelumnya, Gunung Kidul memiliki topografi pegunungan kapur atau karst yang sangat luas. Topografi karst dapat dengan jelas kamu lihat di Lembah Karst Mulo. Lembah karst ini merupakan bagian dari Geopark Gunung Sewu dan telah diakui oleh Global Geopark Network lho. Keren sekali, bukan?

Open this in UX Builder to add and edit content