58 Tempat Wisata di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi.

Wonosari,Suaragunungkidul.com – Inilah tempat – tempat rekreasi di Gunungkidul yang layak anda nikmati dan kami urutkan agar pembaca tidak mengalami kesulitan dalam melistnya. Gunungkidul merupakan Kabupaten di Provinsi Yogyakarta sebelah timur kota Yogyakarta yang kaya akan objek wisata pantainya yang sangat memanjakan pengunjung.

1. Bukit Kosakora Gunung kidul

sunset-bukit-kosakora

Bukit kosakora atau Puncak Kosakora merupakan sebuah bukit yang letaknya tidak terlalu jauh dengan pantai Drini. Bukit yang tingginya hanya sekitar 50 M dari permukaan air laut sehingga membuat bukit ini bisa dikatakan tidak terlalu tinggi dan siapaun orang yang ingin ke puncak tidak perlu menguras banyak energi, Namun dengan tingginya yang terbilang rendah ini bukit kosakora memiliki pemandangan yang luar biasa indah. di hias dengan landscape laut lepas menambah pemandangan menjadi sangat eksotis banget deh guys.

2. Cave Tubing Kalisuci Gunung kidul

Belize-Cave-Tubing

Goa Kalisuci merupakan sebuah wisata goa karst yang memiliki sungai terletak di bawah tanah dan saat ini dijadikan sebagai sebuah objek wisata baru di Kabupaten Gunungkidul. Goa Kalisuci atau Cave Tubing Kalisuci terletak sekitar 10 kilomater dari kota Wonosari atau 60 kilometer dari Kota Yogyakarta, memakan waktu sekitar 1.5 – 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta tepatnya di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

3. Goa Pindul

Goa-Pindul-Jogja

Goa Pindul Gunungkidul, yeah siapa si yang tidak tau goa pindul? Mungkin sebagian besar orang sudah pernah dengar tentang keindahan di Goa Pindul,  Goa Pindul adalah sebuah objek wisata susur goa alam yang terletak di kawasan desa wisata Bejiharjo Kabupaten Gunungkidul ini sudah mendunia. Letak goa pindul ini tidak terlalu jauh dari kota Jogjakarta, hanya kurang lebih 60 km atau perlu melakukan perjalanan selama 1 jam.

4. Air Terjun Sri Gethuk

Air-Terjun #srigethuk

Air Terjun Sri Gethuk ini mulai  dikenal sekitar tahun 2010an. Berbagai macam fasilitas pendukung di objek wisata ini sudah terdapat dan cukup lengkap. Jika Anda ingin merasakan segarnya air disana namun tak bisa berenang, Pengelola sudah menyiapkan alat pelampung, Anda mesti harus menyewa pelampung ataupun ban biasanya seharga 10000.

5. Goa Jomblang Gunung kidul

Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan salah satu Goa yang sangat terkenal di Gunungkidul. Goa ini bisa di bilang Goa yang unik dan juga salah satu wisata petualangan di Gunungkidul  yang sangat digemari oleh banyak wisatawan. Wisata yang menantang dan membuat banyak orang penasaran untuk menikmati sebuah cahaya surga nan indah.

6. Green Village Gedangsari

DSC_0264

Green Village Gedangsari merupakan salah satu wisata yang menawarkan pemandangan alam perbukitan di Gunungkidul, di sini kita di suguhkan panorama alam yang begitu menggoda dan sangat indah serta memiliki pemandangan perbukitan hijau yang eksotis dan super indah, banyak yang menyebutnya mirip dengan pemandangan perbukitan di New Zealand, sehingga destinasi wisata ini sangat di rekomendasikan bagi para pemburu foto selfie.

7. Gunung Api Purba Nglanggeran

13116618_249133858792815_17841120_n

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan  sebuah kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan memiliki bentang alam sangat keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi.Gunung Api Purba Nglanggeran menawarkan tebing yang sangat indah dan eksotis dan memiliki  pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Di sini kita dapat menikmati udara yang segar dan dapat menyaksikan keindahan matahari yang terbenam ( sunset).

8.Pantai Watu Kodok Gunung kidul

13743631_1268306149866991_490165014_n

Pantai Watu Kodok ini menyajikan pemandangan indah dengan nuansa alami dan masih terbilang eksotis dan perawan dikarenakan memang wisata pantai ini masih baru dan belum terlalu banyak dijangkau dan di buru oleh wisatawan. Sesuai dengan namanya yakni watu kodok ini di karenakan di pantai ini memiliki batu karang yang tajam dan indah yang menyerupai bentuk hewan kodok dan hal inilah menjadi alasan mengapa pantai ini di namakan dengan pantai Watu Kodok.

9. Pantai Jogan Gunung kidul

pantai-jogan

Keunikan serta keindahan Pantai Jogan Gunungkidul ini belum begitu terkenal dan masih sedikit terekspos oleh media, sehingga tak banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang ke tempat ini. Namun sangat disayangkan jika berkunjung ke Gunungkidul tidak mampir ke pantai ini, Karena di pantai ini memiliki keunikan yaitu air terjun yang langsung jatuh bebas dari atas tebing ke bibir pantai Jogan.

10. Telaga Biru Semin Gunung kidul

telaga-biru

Telaga Biru ini merupakan sebuah genangan air  yang mengisi kolam-kolam galian tambang batu kini berubah menjadi deretan embung yang indah. Telaga Biru yang terletak di puncuk bukit Ngentak, Desa Candi Rejo, Kec. Semin, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini mulai di serbu oleh para penjelajah keindahan alam dan pemburu kenikmatan untuk memanjakan mata.

11. Pantai Indrayanti

pantai indrayanti

Pantai Indrayanti Gunungkidul, inilah wisata pantai di Yogyakarta yang paling tersohor dan terkenal hingga mancanegara dan patut Anda kunjungi saat liburan ke Gunungkidul. Pantai Indrayanti, banyak masyarakat lokal ataupun wisatawan menyebut dengan pantai yang indah dan romantis.

12. Pantai Siung

pantai siung

Pantai Siung, selain aksesnya yang mudah, pantai ini merupakan wisata pantai yang  sudah cukup terkenal di Yogyakarta, Pantai yang terletak di kawasan pantai indah Gunung kidul. Pantai siung memiliki daya tarik karena memiliki pantai berpasir putih yang sangat indah sehingga menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini. Tidak seperti pantai terkenal lain yang banyak sampah, pantai ini masih cukup terjaga kebersihanya.

13. Pantai Timang Gunung Kidul

13768328_1756713644604580_689432494_n

Pantai Timang Gunung kidul merupakan salah satu pantai yang berada di kawasan pantai indah Gunungkidul. Untuk menuju pantai ini Anda akan melakukan perjalanan yang cukup menantang serta menguji adernalin Anda. Jalan yang akan di lewati sungguh sangat terjal dan berbatu yang lumayan menguras tenaga, Jalan Batuan di sepanjang perjalanan masuk menuju pantai timang seperti pecahan karang yang lumayan tajam dan lancip dengan medan jalan yang bergelombang naik turun. Pengunjung pada pantai ini  juga belum sebanyak pantai lainnya yang ada di Gunung kidul.

14. Pantai Ngelambor (snorkeling)

Pantai Ngelambor dari Bukit

Pantai Nglambor Gunung Kidul ini adalah sebuah pantai cantik yang di kelilingi oleh dua bukit kapur yang terlihat mempesona dan sangat indah, pengunjung dapat naik ke bukit tersebut dan banyak aktivitas yang bisa di lakukan di bukit ini, bisa selfie, foto – foto ataupun hanya sekedar menikmatinya saja. Semakin menarik  karena pada bukit ini tidak ada penghalang mata memandang, kita leluasa bisa menikmati panorama yang sangat indah dari bukit ini.

15. Embung Batara Sriten Gunung Kidul

11371232_428992223954583_1476529058_n

Embung Batara Sriten adalah salah satu tempat wisata yang baru di luncurkan dan dikembangkan, tentunya tidak mengecewakan pengunjung, karena memiliki pemandangan yang sangat indah dan sangat eksotis. Tempat wisata ini berlokasi di Padukuhan Sriten Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul yang diresmikan pada tanggal 17 Maret 2015 oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamenkubuwono X.

16. Pantai Wediombo Gunungkidul

sunset di pantai wediombo

Obyek wisata Pantai Wediombo Gunungkidul ini sangat cocok bagi Anda yang akan melepas sejenak beban kehidupan dan riuh kesibukan serta suasana kehidupan perkotaan yang sangat membuat stress. Pantai wediombo ini cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga untuk berlibur. Menikmati keindahan alam yang eksotis, pasir putih dan angin pantai yang berhembus menyejukan menjadi salah satu cara  untuk menikmati pantai ini.

17. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang

Luweng Sampang merupakan sebuah air terjun unik yang memiliki karakteristik batu – batuan yang sekilas terlihat mirip dengan Grand Canyon di Negara AS. Batu batuan ini terbentuk karena terkena erosi air  sungai dan sehingga menjadi sebuah lapisan batuan yang bergaris-garis dan sangat menarik.

18. Pantai Sadeng Gunung kidul

Pantai Sadeng Gunungkidul

Pantai Sadeng merupakan sebuah objek wisata pantai terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini merupakan satu dari banyak jajaran pantai – pantai cantik di Gunungkidul. Yang menjadikan Pantai Sadengistimewa adalah kerena sejarahnya yang unik. Pantai ini dipercaya adalah bekas muara Sungai Bengawan Solo Purba yang pernah mengalir ke arah selatan pada zaman dahulu kala.

19. Pantai Ngrenehan Gunung kidul

11116633_654651064666292_527026680_n

Pantai Ngrenehan ini menawarkan keindahan pemandangan laut dan beragam gugusan batu karang membentuk sebuah teluk yang di kelilingi oleh bukit karang tersebut. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih dan suara ombak besar yang menerpa dinding perbukitan batu karang, membuat semakin membuat pantai ini menakjubkan.

20. Embung Nglanggeran Gunung Kidul

embung nglaggeran

Untuk mencapai lokasi Embung Nglanggeran ini wisatawan terlebih dahulu untuk mendaki puluhan anak tangga yang berkelok-kelok. Begitu pengunjung tiba di puncak embung, mata akan dimanjakan oleh panorama indah dan disuguhi pemandangan telaga buatan yang eksotis. tak bosan bosanya untuk pandang ke sekitar, mata kitajuga akan dimanjakan oleh pemandangan gugusan batu raksasa yang membentuk Gunung Api Purba Nglanggeran.

21. Pantai Slili

pantai-sadranan-2

Pantai slili merupakan pantai berpasir putih dan terletak di sejajar dengan pantai Gunung kidul lainnya, Pantai yang berdekatan dengan pantai Sadranan yang terkenal dengan spot snorkling. Pertama kali Anda berkunjung di pantai ini, akan dibuat takjub dengan keindahan eksotis yang ada di pantai ini. Karang bebatuan yang tampak indah di Pantai Slili memberikan nilai yang lebih bagi Anda yang gemar berselfie atau foto-foto. Meski garis pantainya tidak sebesar dan sepanjang pantai yang lainya. Namun kami yakin, jika Anda yang datang kesini, pasti  tidak akan kecewa.

22. Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

pantai-pok-tunggal-wonosari-sunset

Nama Pantai “Pok Tunggal” diambil dari sebuah pohon yang hidup di pinggir pantai tersebut. Nama pohon ini dikenal dengan nama Pohon Duras. Pohon dalam bahasa jawa “Pokok” Duras yang tumbuh di pantai ini hanya terdapat satu pohon saja, oleh sebab itu dinamakanlah pantai tersebut dengan nama Pok Tunggal. Pohon duras itu merupakan satu-satunya pohon yang menginspirasi pemberian nama pantai ini menjadi Pok Tunggal.

23. Gunung Ireng Yogyakarta

gunung ireng sunrise

Bukit Gunung ireng , Nama ini berasal dari kata bahasa jawa yang artinya Gunung Hitam, Kenapa dinamakan Gunung hitam? hal ini ternyata karena pada gunung ini terdiri dari bebatuan berwarna hitam yang membentang dari Timur ke barat bukit ini, Gunung ireng ini juga sering dikenal dengan Gunung Botak karena pada puncaknya tidak adanya pohon yang tumbuh di sekitarnya.

24. Pantai Watu Lawang

jpswisata.com

Pantai Watu lawang menawarkan sejuta keindahan pemandangannya yang berupa bebatuan karang dengan kolaborasi pasir putihnya. Pantai ini diapit oleh dua pantai yang sudah terkenal lebih dahulu, yaitu di sebelah Barat yakni  Pantai Indrayanti  dan di sebelah Timur adalah Pantai Pok Tunggal.

25. Pantai Seruni Gunung Kidul

pantai-seruni

Pantai Seruni di Gunung kidul merupakan salahsatu dari puluhan pantai yang ada di jejeran wisata pantai di Gunung Kidul. Pantai ini memiliki view yang sangat indah dan dilengkapi dengan deburan ombak pantai yang memberikan kesan romantis dan suasana nyaman bagi setiap pengunjung yang datang.

26. Pantai Ngobaran Gunung Kidul

pantai ngobaran

Pantai Ngobaran di apit oleh 2 pantai cantik di sisi barat yaitu pantai Nguyahan dan di sisi timur pantai Ngrenehan. tepatnya terletak di  Desa Kanigoro, Saptosari Kabupaten Gunung kidul,Yogyakarta. Pantai ini berbeda dengan pantai di Gunung kidulumumnya, di pantai ini tidak mempunyai pasir putih yang ada hanya tebing yang curam menjadikan pemandangannya sangat eksotis. Pantai ini di kenal bernuansa bali, karena terdapat pura pura khas pulau dewata di gunakan sebagai tempat ritual penganut kepercayaan tertentu di daerah ini.

27. Baron Technopark Gunung Kidul

baron TechnoPark

Jika Anda berkunjung ke Kawasan Wisata Edukasi Baron Technopark yang terletak di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta tepatnya di sebelah barat pantai Baron, Anda akan menjumpai sebuah jam matahari. Jam matahari tersebut menjadi icon dari Baron Technopark dan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung di obyek wisata edukasi tersebut.

28. Mercusuar Pantai Baron Gunung Kidul

Mercusuar Pantai Baron

Mercusuar pantai Baron merupakan salah satu cara yang tepat untuk menikmati keindahan pantai di kawasan ini dan yang paling banyak diminati pengunjung yang datang ke pantai Baron. Di tempat ini juga sangat cocok untuk menikmati Sunset dengan sempurna karena tidak ada penghalang di sekitar masrcusuar.

29. Pantai Wohkudu Gunung Kidul

13741110_328914607446368_1686446220_n

Pantai wohkudu di Gunungkidul merupakan sebuah pantai yang masih asri dan alami dan belum terjamah banyak orang. Sehingga pantai ini mendapatkan sebuah julukan yang tepat yaitu surga tersembunyi, dimana Anda akan menemukan pengalaman dan pemandangan yang berbeda saat berada di pantai keren ini.

30. Goa Rancang Kencono Gunungkidul

goa rancang kencono

Gua rancang Kencono merupakan salah satu goa yang memiliki keunikan tepatnya terletak terdapat di Gunungkidul. Goa unik yang ditemukan di kawasan pegunungan bebatuan karst Gunungkidul sangat menarik untuk dikunjungi karena banyak memiliki keistimewaan yang tidak terdapat di tempat lain.

31. Pantai Ngrumput Gunung Kidul

pantai ngrumput

Tak seperti namanya, Pantai Ngrumput ini bukanlah sebuah pantai yang banyak ditumbuhi  oleh hamparan rerumputan hijau, Namun pantai ini memiliki sebuah pemandangan pantai eksotis dan memiliki pantai berpasir putih  yang bersih serta berpadu dengan batu-batuan karang yang tersebar di sekitar kawasan pantai.

32. Gardu Pandang Mangol Kencana

mangol kencana

Gardu pandang Mangol Kencana adalah sebuah obyek wisata baru yang berada di kawasan perbukitan Patuk Gunungkidul. Obyek wisata ini menyuguhkan sebuah tempat di pinggir jurang yang tinggi untuk memandang jauh ke sekeliling dengan pandangan yang luas dan indah. Pemandangan indah di tambah dengan semilirnya angin berhembus membuat nyaman pengunjung yang datang.

33. Pantai Sanglen Gunungkidul

camping-di-pantai-sanglen

Pantai sanglen memberikan pemandangan indah yang luar biasa dan masih tergolong masih alami dan sangat asri, di bibir Pantai Sanglen ini Anda bisa berteduh dan menikmati panorama alam yang sangat indah. Di sekitar pantai ini banyak di temukan tanaman pohon Cemara yang cukup lebat dan banyak bertumbuhan, Selain pohon Cemara di pinggiran pantai ini juga di hiasi pohon pandan yang berjajar rapi dan cukup berseni.

34. Pantai Ngandong Gunungkidul

ngandong

Pantai Ngandong ini memang  belum terkenal seperti Pantai Sundak atau Indrayanti, namun pesona alam dari pantai Ngandong ini dapat Anda buktikan sendiri. Pantai Ngandong ini tepatnya terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, atau di sebelah barat laut dari Pantai Indrayanti. Perjalanan dari Kota Yogyakarta akan memakan waktu sekitar 3 jam untuk tiba sampai di pantai ini.

35. Pantai Drini Gunungkidul

Pantai Drini merupakan pantai yang istimewa dalam deretan pesisir pantai selatan di Gunungkidul, Pantai Drini mempunyai dua wajah yang berbeda. Jika kita sedang berada di sebelah barat kita akan menemukan tempat berlabuhnya kapal – kapal nelayan dan disini memiliki karakter ombak yang cukup besar serta memiliki kedalaman yang pas untuk kapal berlabuh, sehingga cocok di gunakan sebagai pelabuhan bagi nelayan.

36. Tegalarum Adventure Park

Tegalarum Adventure Park merupakan tempat wisata yang bertemakan petualangan. Di sini banyak sekali yang bisa dapatkan, selain bernuansa pertualangan, pemandangan alam di sini memang indah sekali, sejuk dan sangat cocok Anda kunjungi bersama kerabat kerjaan ataupun bersama keluarga dalam mengisi liburan panjang.

37. Pantai Baron Gunung Kidul

pntai baron

Obyek wisata pantai baron tersohor dan terkenal dengan keindahan pantainya yang sejuk, bersih dan asri. selain itu pantai ini juga diapit oleh dua bukit yang indah dan sangat eksotis. Pasirnya yang berwarna putih kecoklatan serta perahu nelayan yang berjejer di pinggir pantai menambah daya tarik pantai ini.

38. Curug Tegalrejo Gunung Kidul

curug bayat atau curug tegalrejo

Curug Indah Tegalrejo atau biasa penduduk sekitar menyebutnya Curug Bayat terletak desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Letak curug ini tepatnya berbatasan langsung dengan Kecamatan Bayat yang masuk kedalam wilayah Klaten, sehingga sering disebut Curug Bayat karena akses menuju curug ini memang lebih mudah jika melalui Bayat Klaten.

39. Pantai Gesing Gunungkidul

Pantai-Gesing h

Pantai Gesing merupakan pantai yang terletak di kawasan pantai cantik di Gunung kidul. Pantai yang terletak di sebelah timur pantai Kesiratmenawarkan pemandangan yang tak di ragukan lagi. bertualang ke pantai ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda melepas kepenatan dari aktivitas seharian yang cukup membosankan.

40. Pantai Greweng Gunungkidul

pantai greweng

Camping di pantai merupakan pilihan tepat untuk menikmat pantai cantik ini. Ketika pada pagi hari berada di pantai ini, Anda akan menemukan pancaran matahari pagi yang begitu cantik. Senja berganti dengan terik matahari menambah semakin eksotisnya pantai Greweng ini, sesuatu hal yang sangat menyenangkan untuk merefresh beban pikiran akibat rutinitas sehari – hari dan hiruk pikuk suasana kota yang bising.

41. Taman Hutan Raya (TAHURA)

tahura gk

Taman Hutan Raya ( Tahura) Gunung kidul, terletak di kawasan konservasi Hutan Bunder, Pathuk, Gunungkidul. Letak yang bersebelahan dengan kawasan dengan Rest Area Bunder yang sering di gunakan untuk camping mahasiswa dan pelajar di Yogyakarta. Tahura letaknya di jalan menuju wonosari menjadikan sangat strategis dan cocok untuk di kunjungi bagi pengunjung yang suka berwisata alam.

42. Pantai Ngedan Gunungkidul

Pantai Ngeden selain masih bersih, Asri, dan alami juga masih sepi karena belum banyak wisatawan yang mengetahui informasi pantai ini. Pantai ngeden terletak di antara jajaran pantai Gunungkidul lainnya di sebelah timur ada pantai Ngobaran dan di sebelah baratnya adalah pantai Butuh.

43. Watu Giring Gunungkidul

Sungguh unik dan eksotis kemegahan dan mengagumkan terfikir di benak kita, ini adalah sebuah penggambaran yang tepat untuk Obyek Wisata Alam Watu Giring itu. Tak bisa diungkapkan dengan banyak kata-kata, pokoknya. Bagi Anda yang suka traveling untuk mengunjungi tempat yang baru,  ini bisa di jadikan pilihan untuk mengisi liburan. Tempat traveling ini cocok juga dikunjungi saat musim liburan ataupun untuk berakhir pekan.

44. Pantai Mbirit Gunung kidul

pantai mbirit gunung kidul

Pantai Mbirit atau Birit pengunjung akan di suguhi sebuah pemandangan yang masih sangat alami, alami dan belum banyak dijamah oleh pengunjung karena belum banyaknya promosi wisata pantai ini. Untuk menuju ke Pantai Mbirit ini aksesnya masih sangat sulit di perlukan melewati jalanan yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki dan sangat menguras tenaga.

45. Pantai Butuh Gunung Kidul

Suasana tenang, nyaman dan serta sejuk merupakan ciri khas pantai cantik satu ini. Indahnya alam bercampur dengan harmoni jiwa membuat sebuah ketenangan menjadikan pantai ini tempat paling pas dan sesuai untuk melepas lelah karna aktivitas kehidupan, berkunjunglah ke pantai butuh ini, semua kebutuhan batin Anda segera tercukupi dan terpenuhi.

46. Watu Payung Gunung Kidul

Jika anda berkunjung saat pagi hari, Anda bisa menyaksikan kabut awan yang indah dan pada saat menjelang sore tiba akan disuguhi suasana sunset yang sempurna, disini juga termasuk tempat terindah menikmati sunset di jogja. Di tempat ini juga bisa di gunakan oleh pengunjung sebagai tempat untuk mengadakan kagiatan makrab, ataupun sebagai tempat mengadakan camping bersama teman teman ataupun organisasi.

47. Pantai Sundak Gunung Kidul

Pantai Sundak ini sangat menakjubkan.Berpasir putih yang bersih dan air laut yang jernih terbilang sangat eksotis dan mempesona. berjalan dari bibir pantai menuju ketengah yang relatif dangkal hingga sejauh 40 meter Anda akan menjumpai batu-batu karang kecil berjajar dan menjadi persembunyian biota-biota laut yang mungil namun berhati hati karena karang begitu tajam.

48. Pantai Kesirat Gunung kidul

Pantai Kesirat memiliki perbedaan dengan pantai yang berada di Gunung kidul. Biasanya pantai pada umumnya yang berhiaskan pasir putih, Namun di pantai ini hanya terdapat jajaran tebing indah nan eksotis yang biasa dijadikan lokasi rock fishing. Tak hanya sebagai tempat memancing, pengunjung juga bisa melaksanakan aktivitas camping di atas tebing, pantai ini merupakan pantai untuk menikmati sunset terbaik di jogja.

49. Pantai Nguyahan Gunung Kidul

pantai nguyahan gunung kidul

Pantai nguyahan gunung kidulterkenal asri dan masih alami, jika pada hari biasa pantai ini tidak begitu banyak dipadati oleh pegunjung yang datang. Pengunjung bisa duduk-duduk bersantai di gubug-gubug yang terbuat dari bambu sederhana, sembari menikmati pemandangan alam, suara deburan ombak dan sejuknya semilir angin lautan.

50. Pantai Sepanjang Gunung kidul

pantai-sepanjang gunungkidul

Pantai ini sekawasan dengan pantai Sundak, Kukup, indrayanti dan Baron yang menawarkan pemandangan eksotis dan sangat indah serta pantai Sepanjang ini memiliki pasir yang putih yang terhampar di sepanjang pesisir pantai menambah keeksotisan dan keindahan pada pantai ini.

51. Pantai Kukup Gunung Kidul

Pantai kukup ini memiliki keindahan alam yang berasal dari perpaduan bukit karang dan pantai berpasir putih yang di apit oleh sebuah bukit kapur yang ada di sekitar pantai. Menjadi daya tarik selain karena pasirnya yang putih, Satu hal yang membedakan pantai Kukup dengan pantai di Gunung kidul lainnya adalah keberadaan sebuah batu karang raksasa yang lokasinya agak menjolok ke laut dan di hubungkan oleh sebuah jembatan.

52. Pantai Ngetun Gunung kidul

1208280_1440224879534020_1455709101_n

Pantai Ngetun terletak di hamparan kawasan pantai indah di kabupatan Gunung kidul. Selain mempunyai pasir putih yang halus di pantai ini juga memiliki tebing yang bebatuan terlihat sangat eksotis dan mempesona. Pantai ini terergolong dalam daftar pantai yang masih perawan di Gunungkidul. Tepatnya terletak secara administratif berada di Dusun Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

53. Pantai Kayu Arum

Pantai-Kayu-Arum

Pantai Kayu Arum Gunung kidul memang saat ini belum sepopuler seperti Pantai di Gunungkidul lainnya,terutama pantai indrayanti yang hingga kini banyak diburu oleh wisatawan asing maupun domestik. Tapi jangan salahsangka dulu, karena pantai ini memiliki potensi keindahan pantai yang sangat luar biasa. Karena keindahan itulah membuat siapa saja yang pernah berkunjung ke pantai ini, tak pernah menyesal jika harus bekerja keras untuk mencapainya. Untuk menjangkau pantai yang satu ini benar-benar dibutuhkan fisik yang prima, Serta kendaraan yang siap terjal.

54. Pantai Jungwok Gunung kidul

pantai jungwok Gunungkidul

Pantai Jungwok merupakan pantai yang masih terlihat asri dan alami serta memiliki pemandangan yang eksotis dan juga memiliki hamparan pasir putih yang sangat sayang jika tidak berkunjung ke pantai ini saat ada di Gunungkidul. Akses menuju Pantai Jungwok belum dibuka untuk kendaraan bermotor dan hanya baru dapat ditempuh dengan jalan kaki. Perjalanan ini ke pantai ini sungguh menyenangkan bila Anda menikmati di sekeliling perjalanan yang ada sekitarnya, Anda juga dapat melihat pantai dari atas bukit.

55. Hutan Wanagama Gunung kidul

Hutan Wanagama Gunungkidul

Hutan Wanagama ini dulunya merupakan sebuah lahan tandus, gersang, dan panas, sampai akhirnya direboisasi atau dilakukannya penanaman pohon kembali hingga seperti sekarang ini. Penghijauan ini dilakukan oleh akademisi dari Fakultas Kehutanan Gadjah Mada dibantu oleh warga setempat sejak tahun 1964. Sekarang hasilnya sudah bisa terlihat, beragam tanaman tumbuh rindang dan lebat, layaknya sebuah hutan dengan beragam kekayaan hayati di dalamnya.

56. Pantai Sarangan Gunung kidul

pantai-sarangan-2

Pantai Sarangan Gunungkidul menawarkan sebuah pantai yang memiliki bentuk pantai bagaikan teluk kecil yang melengkung dengan garis tepi pantai yang relative pendek kurang lebihnya hanya sekitar 200 meter saja. Namun tak perlu khawatir mendapatkan pengalaman zonk, karena di pantai ini terdapat keindahan kanan kiri pantai yang berupa tebing sekaligus menjadi sebuah pembatas dengan pantai krakal yang berada di dekat pantai sarangan ini.

57. Bukit Sarangan Gunung kidul

Bukit Sarangan Gunungkidul

Bukit Sarangan merupakan sebuah bukit yang berada di kawasan Pantai Krakal dan Pantai Sarangan, bukit ini besar di antara bukit lainnya. Diberi nama oleh pengelola yakni Bukit Sarangan karena di bukit  tersebut terdapat sebuah goa yang menghadap ke laut lepas biasa digunakan untuk bersarangnya burung-burung walet di kawasan ini. Dari atas puncak sarangan ini kita dapat menyaksikan keindahan sunset dan sunrise, karena bukit sarangan ini agak menjorok ke laut dan di depan, samping kanan dan kiri bukit dikelilingi oleh laut jadi tidak ada penghalang saat menikmatinya.

58. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang merupakan sebuah obyek wisata baru di kabupaten Gunungkidul. Wisata ini menawarkan keindahan air terjun dengan pemandangan yang disuguhkan sangat indah dan menarik perhatian para wisatawan pasti akan tercurah pada lokasi ini.(wawan).