Inilah Fasilitas Rumah Sakit Senilai 43 Miliar di Saptosari.

Saptosari,Suaragunungkidul.com – Berapa waktu yang lalu, Bupati Gunungkidul Badingah S.Sos mengunjungi calon Rumah Sakit Saptosari. Dalam kesempatan itu, tampak beliau mencoba lift nomor satu di rumah sakit tersebut. 

Lift nomor satu di Gunungkidul dengan material moderen yang mewah. Beliau juga menyempatkan diri untuk berkeliling dalam bangunan seluas 6.000 m2 tersebut. Memang calon rumah sakit ini direncanakan secara komprehensif dengan pertimbangan aspek medis, arsitektural moderan dan mekanikal elektrikal yang canggih.

Desain moderen sudah nampak dari fasade depan rumah sakit ini, dengan pemilihan material  bangunan moderen namun tetap adaptif terhadap lingkungan tropis. Disisi lain, pemilihan material juga memudahkan untuk pemeliharaan gedung mendatang. 

Mengadopsi peralatan medis yang canggih menambah sempurna desain rumah sakit ini tanpa ada perbedaan fasilitas di antara kelas rawat inap. Bahkan konsep sirkulasi dan zonasi area privat tetap mendukung adat istiadat penduduk setempat untuk secara leluasa dan nyaman untuk menjenguk pasien, namun tetap tidak menggangu aktivtas medis didalam rumah sakit.

Dana senilai 34 milyar telah dianggarkan untuk membangun rumah sakit ini, dana tersebut digunakan untuk membiayai bangunan gedung lengkap, beserta sarana dan prasarananya meliputi Gedung A yang didalamnya memuat antara lain :

a. Instalasi Gawat Darurat;

b. 2 ruang operasi;

c. 5 ruang poli pemeriksaan;

d. Ruang tunggu periksa

e. Ruang farmasi

f. Ruang radiologi

g. Laboratoruim

h. Ruang rawat inap

i. Ruang ICU

j. Ruang Isolasi

k. Ruang jenazah

l. Kantor direksi

m. Ruang kontrol mekanikal elektrikal

Diambil dari laman resmi DPUPR Kab Gunungkidul  bangunan ini diharapkan tahun ini anggaran sebesar 9 milyar dapat secara optimal digunakan. Anggaran tahun 2019 ini digunakan untuk perkerasan halam parkir, pembuatan gerbang masuk, jalan masuk serta penyempurnaan Instalasi.

Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan pengadaan Generator Set 470 KVA. Diharapkan pada akhir tahun 2019 ini, Rumah Sakit Pratama Tipe D Saptosari dapat segera beroperasi dan mencapai tujuan utamanya yaitu mendekatkan dan memberikan layanan kesehatan yang representatif kepada masyarakat wilayah selatan.(wawan)

Open this in UX Builder to add and edit content