15 Makanan Khas Daerah Gunung Kidul Yang Harus Kamu Coba Saat Berlibur di Gunungkidul.

Wonosari,Suaragunungkidul.com  –  Tidak hanya kaya akan budayanya, Indonesia juga kaya akan cita rasa kulinernya. Banyak orang yang memuji rasa makanan khas daerah Indonesia yang unik dan kaya akan rempah-rempah. Nah, jika kamu berkunjung ke daerah Gunung Kidul, yuk cicipi makanan khas disana seperti yang kami daftarkan berikut ini.

1.Walang Goreng

satu kuliner khas kabupaten Gunung Kidul adalah walang goreng yang kelezatannya tidak dapat dibantah lagi. Rasanya yang unik, gurih, dan renyah membuat para wisatawan selalu ingin mencicipi makanan yan satu ini. Selain itu, walang goreng ternyata kaya akan protein, lho! Jadi, bukan hanya rasanya yang menggugah selera namun juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jika kamu ingin mencicipi walang goreng, kamu bisa membelinya di pinggir Jalan Wonosari dengan harga sekitar Rp. 20.000 per toples.

2. Tiwul

Tiwul khas gunung kidul terbuat dari tepung gaplek yang tidak lain adalah ketela yang dikeringkan. Tiwul ini juga menjadi makanan pokok bagi masyarakat Gunung Kidul. Ya, makanan ini dimakan sebagai pengganti nasi. Tiwul sendiri punya rasa yang manis dan gurih serta dilengkapi oleh adanya gula merah dan kelapa parut, sehingga menjadi favorit bagi banyak orang.

3.Jangan Lombok Ijo

Jika kamu mencari makanan khas Gunung Kidul yang kaya akan kandungan vitamin, kamu bisa memilih Jangan Lombok Ijo sebagai pilihan. Jangan Lombok Ijo ini adalah masakan sayur berkuah santan yang dilengkapi dengan potongan cabai hijau, kacang panjang, dan tempe kedelai. Biasanya orang-orang mengkonsumsi Jangan Lombok Ijo di warung makan pinggir jalan.

4. Sego Abang

Sego Abang adalah salah satu makanan khas Gunung Kidul yang unik karena proses masaknya menggunakan tungku yang terbuat dari tanah liat dan menggunakan kayu bakar. Kemudian, beras merah dikukus menggunakan ayaman bambu lalu disajikan bersama sayur berkuah santan dan tempe. Rasa Sego Abang sendiri terasa sangat enak dan gurih. Di Gunung Kidul, kamu bisa menemukan warung yang menyediakan Sego Abang sambil menikmati pemandangan alam disana.

5. Urap Trancam

Makanan khas Gunung Kidul selanjutnya adalah Urap Trancam. Urap trancam adalah sejenis makanan yang menggunakan bumbu kelapa parut sebagai bahan dasar. Selain itu, trancam menggunakan sayuran yang tidak direbus atau mentah. Sayuran trancam terfiri dari kacang panjang, daun kemangi, taoge, dan potongan mentimun. Jangan samapai melewatkan hidangan ini ya saat berkunjung ke Gunung Kidul!

6. Sate Kambing

Ada warung sate kambing yang sangat terkenal di Gunung Kidul. Namanya, Sate Kambing Pak Turut. Cita rasanya yang enak dan khas menjadikan warung ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Rasanya yang enak didapat dari daging kambing yang empuk dan bumbu gulai yang kaya akan rempah rempah. Juga, kamu dapat menemukan warung ini di Jl. Kesatrian dekat Alun-Alun Wonosari Yogyakarta dengan harga per porsi rata-rata Rp 20.000.

7. Seafood ala Pantai

Jika kamu berkunjung ke Pantai Baron di Gunung Kidul, jangan lupa mencicipi makanan khas seafood-nya, ya! Disini kamu bisa menjajal banyak jenis seafood seperti kerang, kepiting, dan ikan. Kamu bisa menemukan pantai ini sekitar 20 kilometer dari kota Wonosari, ke arah selatan. Nah, bukan hanya kamu bisa wisata kuliner, namun juga pemandangan pantai yang sejuk bisa membuat kamu betah deh berlibur di Gunung Kidul.

8. Gatot

Makanan khas Gunung Kidul selanjutnya adalah Gatot. Mungkin bagi beberapa orang kuliner “Gatot” belum begitu familiar di telinga. Namun, Gatot sendiri merupakan makanan khas kabupaten Gunung Kidul yang terbuat dari singkong yang dikeringkan. Juga, gatot dilengkapi dengan parutan kelapa yang ditambah dengan sedikit gula dan garam. Yuk, cicipi Gatot saat berkunjung ke Gunung Kidul!

9. Sambel Bawang

Bagi orang Indonesia, sambal merupakan pelengkap yang wajib ada saat menyantap makanan. Ada beberapa jenis sambal yang terkenal di Indonesia, seperti contohnya sambal terasi dan sambal bawang, Di Gunung Kidul sendiri, sambal bawang adalah sambal yang khas di daerah ini. Nah, kalau kamu ingin menyantap nasi hangat dengan ikan asin dan tempe goreng, jangan lupa tambahkan sambal bawang ya agar lebih nikmat!

10. Ayam Goreng khas Gunung Kidul

Salah satu makanan enak di Gunung Kidul adalah ayam goreng. Eits! Jangan samakan ayam goreng Gunung Kidul dengan yang lain, ya. Ayam goreng disini dimasak dengan bumbu yang kaya akan rempah-rempah sehingga menghasilkan ayam goreng yang kelezatannya patut diacungi jempol. Selain itu, ayam yang digunakan juga merupakan ayam kampung sehingga dagingnya lebih gurih dan nikmat pastinya.

11. Daun Pepaya

Daun pepaya memang sering dijadikan pelengkap saat menyantap makanan. Di Gunung Kidul sendiri, kamu bisa menemukan berbagai olahan daun pepaya seperti oseng daun pepaya dan gudeg daun pepaya. Bukan hanya rasanya yang enak dan membuat ketagihan, olahan masakan daun pepaya mengandung banyak nutrisi yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, lho!

12. Empal

Empal merupakan salah satu kuliner khas kabupaten Gunung Kidul. Apa itu empal? Empal sendiri terbuat dari daging sapi kaya protein dan rendah lemak. Empal disajikan dengan kelapa parut yang diberi bumbu dendeng ragi. Kamu tentunya tidak akan menyesal mencicipi empal karena rasanya yang lezat dan mengandung protein yang baik bagi tubuh.

13. Sambal Goreng Krecek Tempe

Bagi kamu penyuka rasa pedas dan makanan Jawa Tengah, maka kamu tentunya tidak akan asing dengan makanan yang satu ini. Ya, sambal goreng krecek ini adalah salah satu makanan favorit dan terkenal di Gunung Kidul. Rasanya yang pedas dan kuah santan yang gurih pasti akan membuatmu ketagihan ketika mencicipinya. Selain itu, di Gunung Kidul sambal goreng krecek juga dilengkapi dengan kehadiran tempe sebagai pelengkap.

14. Oseng Bunga Pepaya

Saat berkunjung ke Gunung Kidul, yuk cicipi Oseng Bunga Pepaya. Makanan ini merupakan kuliner khas Gunung Kidul yang rasanya tiada dua. Bunga pepaya ditumis dengan bumbu serta cabai sehingga rasanya menjadi gurih dan menutupi rasa pahit dari bunga pepaya itu sendiri. Jika kamu ingin menyantap makanan yang satu ini, jangan lupa lengkapi dengan nasi hangat dan sambal bawang ya!

15. Tahu Bacem

Bagi kamu penyuka makanan manis, nah tahu bacem bisa jadi menu pilihan favorit lho! Tahu bacem juga merupakan kuliner khas kabupaten Gunung Kidul. Rasanya yang manis dan gurih membuat makanan yang satu ini menjadi favorit bagi banyak kalangan orang. Kamu bisa menyantap tahu bacem dilengkapi dengan nasi uduk yang hangat.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, Gunung Kidul mempunyai berbagai kuliner yang khas dan menarik serta lezat untuk disantap. Nah, jika kamu berkunjung ke Gunung Kidul, sempatkan diri mencicipi kuliner khasnya ya!(wawan)