Diresmikan Oleh Pejabat Pusat,Sumur Bantuan Pemerintah Jangan Sampai (Muspro)

Ponjong,Suaragunungkidul.com – Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM Dr.Drs. Ant Ratdomopurbo bersama Anggota Komisi VII DPR RI H. Agus Sulistiyono,ST.MT dan Kepala Bapeda Gunungkidul Sri Suhartanto,SIP.MSi  mewakili Bupati Gunungkidul pada Sabtu, 16/02/10 melakukan peresmian sumur bor air bersih yang dibangun Badan Geologi Kementerian ESDM dan PJU-TS yang  dibangun Dirjend Energi Baru,  Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM tahun anggaran 2018 di Lokasi Sumur Bor Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul.

Peresmian Sumur Bur dan Penyerahan Penerangan Jalan Umum- Tenaga Surya (PJU-TS) tersebut dihadiri pula  Dinas PUP ESDM DIY, OPD Kabupaten Gunungkidul, Sejumlah Anggota DPRD Gunungkidul, Camat dan Muspika Kecamatan Ponjong, Perwakilan Desa Penerima Bantuan dan segenap warga Sumbergiri.

Bupati Gunungkidul dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Bappeda Kab.Gunungkidul, Sri Suhartanto, SIP, M.SI antara lain menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian ASDM yang telah membantu Sumur Bor Air bersih dan PJU-TS di sejumlah titik di Kabupaten Gunungkidul, semoga bantuan yang telah diberikan ini bisa bermanfaat untuk mengatasi jalan yang gelap dan jauh dari jangkauan listrik PLN, serta permaslahan Air Bersih yang selama ini menjadi permasalahan di Gunungkidul.

Menurut Bupati, bantuan Sumur Bor Air Bersih ini diharapkan bisa mengatasi masalah air bersih secara permanen. Oleh  kare itu Bupati mengharapkan kepada masyarakat bantuan yang diberikan untuk    dimanfaatkan dan dipelihara supaya awet dalam waktu yang lama.

Sementara Anggota Komisi VII DPR RI, Agus Sulistiyono dalam sambutanya menjelaskan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah ini dibuat dari dana Rakyat melalui APBN untuk itu supaya dimanfaatkan sebaik-baiknya, supaya tidak “Muspro”.

Selama ini Pemerintah Pusat sangat memperhatikan Gunungkidul dibuktikan dengan banyaknya bantuan yang diterima Kabupaten Gunungkidul, salah satunya PJU TS yang awalnya dialokasikan 190 titik menjadi 220 titik, hal ini tidak lepas dari peran Angggota DPR RI Wakil DIY yang terus mendorong dan memberi masukan kepada Pemerintah Pusat  ujar Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Daerah Pemilihan DIY ini.

Selanjutnya Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM Dr.Drs.Ant Radomopurbo menyampaikan Program Penyediaan air bersih melalui pengeboran air tanah ini dirasakan efektif dan berhasil membantu mengatasi permasalahan air di daerah yang sulit air seperti di Gunungkidul ini.  

Pada tahun 2018 Kementerian ESDM membangun sebanyak 506 unit sumur bor yang tersebar di seluruh Indonesia, diantaranya 11 unit sumur bor di Kabupaten Gunungkidul. Untuk PJU-TS diharapkan menjadi solusi untuk jalan yang belum terjangkau Listrik PLN maupun daerah yang sudah dialiri listri PLN namun ingin mengurangi konsumsi Listrik daerah. Pada tahun 2018, Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE telah melaksanakan PJU-TS di 25 Provinsi dengan jumlah 21.864 titik dan sdebanyak 300 titik tersebar di DIY. Dalam penutup sambutanya Ratdomoputro menyampaikan PJU-TS diharapkan bisa membantu warga dalam pengairan lahan pertanian.

Sumur Bor Air Bersih bisa mengatasi permasalahan air di Gunungkidul serta beliau berharap bantuan yang dibiayai dana APBN ini dimanfaatkan dan dirawat dengan baik sehingga bisa meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat. Acara ditutup dengan penyerahan secara simbolis bantuan PJU-TS oleh Sekretaris Badan Geologi didampingi Anggota Komisi VII DPR RI dan diterima oleh Kepala Bapeda Kab. Gunungkidul mewakili Bupati Gunungkidul (red/Tim-IKP)

Open this in UX Builder to add and edit content