Karangawen Mendapat Pelatihan Kearsipan dari Dinas Perpustakaan Kabupaten.

Girisobo,Suaragunungkidul.com – Pendampingaengelolaan Arsip Desa merupakan kegiatan Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2019. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintah desa yang baik dan tertib dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Februari sampai dengan 21 Maret 2019. Setiap pelaksanaan pendampingan desa dibagi menjadi tiga TIM untuk datang kesetiap desa sesuai jadwal. Kegiatan dilakukan setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis.Jadwal pertama pendampingan pada tanggal 12, 13, dan 14 Februari berada di Desa Karangawen Kecamatan Girisubo. TIM yang melaksanakan Pendampingan Pengelolaan Desa Karangawen antara lain Sekretaris Dinas, Arsiparis DPK Gunungkidul, Arsiparis BKPPD, staff Administrasi, dan THL. Pada hari pertama tanggal 12 Februari 2019 dilakukan supervisi kearsipan, survei arsip di unit kearsipan dan unit pengolah, dan pendampingan pengurusan surat. Supervisi sebagai salah satu fungsi dari manajemen memegang peranan penting untuk mencapai hasil yang lebih berkualitas. Kegiatan diawali dengan pemberian pengarahan penyelenggaraan pengelola arsip yang baik berdasarkan survei yang sudah dilakukan oleh TIM kepada seluruh Perangkat Desa Karangawen.

Kepala Desa Karangawen Rozi diminta tanggapanya terkait pendampingan yang diterjunkan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Perpustakaan daerah merasa senang dan berharap desanya bisa belajar banyak dari mereka sehingga tidak perlu tanya sana – sini untuk membuat arsip desa.

“Senang dan bersyukur ada perhatian dari pemerintah daerah melalui Dinas Perpustakaan Kabupaten Gunungkidul,jadi teman – teman perangkat bisa belajar banyak kepada petugas,” jelasnya.

Hari kedua dilakukan pendampingan pemberkasan arsip aktif  di Unit Pengolah dan pendampingan penataan arsip inaktif. Adapun sarana yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu map folder, map gantung, sekat folder, dan boks.Hari ketiga dilakukan pendampingan penyusutan (pemindahan arsip inaktif) dari Kepala Urusan Perencanaan sebagai Unit Pengolah kepada Kepala Urusan Umum sebagai Unit Kearsipan. Tahap terakhir menyampaikan hasil pendampingan secara lisan dan rekomendasi kepada seluruh Perangkat Desa Karangawen. Harapannya bahwa dapat dilakukan pengelolaan dan penataan arsip yang lebih baik dan tertib. (wawan)