Kerajinan Masyarakat Gunungkidul Yang Bisa Menjadi Buah Tangan Untuk Hadiah Orang – Orang Tercinta Anda

Wonosari,Suaragunungkidul.com – Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Gunungkidul tidak mengenal kekayaan warga Gunungkidul,berikut kami perkenalkan beberapa kerajinan masyarakat Gunungkidul.

AKAR WANGI

Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta Indonesia terdapat sentra industry kerajinan akar wangi yang karena keuletan dan kegigihan dengan kreatifitas mereka membuat kerajinan berupa akar wangi dibuat miniatur binatang, taplak meja, tikar, sarung bantal dll, bahkan banyak pengusaha dari luar kota membeli untuk selanjutnya dijual belikan ditempat asal mereka.

BATU ORNAMEN

Kabupaten Gunungkidul yang sebagian wilayahnya berupa batu kapur yang sangat luas maka sebagian masyarakatnya adalah penambang batu kapur yang selain untuk keperluan material bangunan, sebagian juga mereka manfaatkan sebagai kerajinan industry batu ornament bahkan produk-produk ini sudah banyak diekspor sebagai penghias taman, rumah, dinding rumah, seni gambar batu dll.

CAPING

Caping merupakan topi khas para petani yang terbuat dari bahan dasar bamboo yang di anyam dan diatur sedemikian rupa namun pada saat ini para perajin ini sudah langka ditemui, namun di Kabupaten Gunungkidul masih ada beberapa yang masih tetap membuat kerajinan Caping bahkan sangat halus dalam pembuatannya dan rapi, kadang wisatawan datang hanya untuk mencari jenis topi tradisional petani ini.

KECE

Adalah kerajinan yang banyak didapat dipesisir pantai kawasan Gunungkidul yang bahan-bahannya terbuat dari kerang, binatang-binatang laut, pasir putih dll yang dengan kreatifitas dibuat bentuk kerajinan yang unik.

TOPENG KAYU

Kerajinan Topeng kayu yang terkenal adalah di Desa Wisata Bobung, Putat Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Di desa ini mayoritas penduduknya adalah pembuat kerajinan topeng kayu, patung kayu bahkan perlengkapan dapur seperti, mangkuk, baki, piring dll yang terbuat dari bahan dasar kayu, wisatawanpun bisa memesan sesuai pesanan dengan order khusus. Wisatawan yang datang ke desa ini selain berwisata belajar membuat topeng, membatik adapula yang bertujuan bisnis.( wawan )