Bupati Resmikan Jalan Batara Sriten, Diharapkan Mampu Angkat Perekonomian Warga Setempat

Nglipar, Suaragunungkidul.com–Jalur Pariwisata di sektor utara Gunungkidul sudah mulai bergeliat. Terbukti Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sudah menganggarkan dana milyaran untuk jalan jalur wisata menuju ke Embung Batara Sriten. Selasa, 05/03/2019, Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos meresmikan jalan menuju ke puncak obyek wisata tertinggi di Gunungkidul ini.

Dalam laporannya, Kepala Dinas DPUPRKP Kabupaten Gunungkidul, Ir. Edy Praptono, jalan
Jalur menuju ke Puncak Batara Sriten
sepanjang 6,5 km berhasil dibangun dalam waktu 120 hari.

“Dana dianggarkan dari APBD Kabupaten Gunungkidul sebesar 6,8 miliar,” ujar Edy Praptono, Selasa (05/03).

Dikatakannya, pagu anggaran yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten sebesar 8 miliar namun ada efisiensi anggaran sekitar 27 persen, sehingga hanya menggunakan anggaran 6,8 miliar.

Adapun dalam pengerjaannya dilakukan dengan cor dengan ketebalan15 cm tanpa tulangan. Adanya pembangunan jalan ini, diharapkan dampak perubahannya ke depan, Desa Pilangrejo akan semakin berkembang dari segi wisata yang berimbas ke perekonomian dan kesejahteraan warga masyarakat.

Adapun saat ini yang dirasakan oleh masyarakat yakni ases jalur lebih mudah dan tidak begitu ekstrem layaknya terdahulu. Mobilitas menjadi terasa lebih mudah, hasil pertanian dan perkebunan masyarakat jauh lebih cepat.

“Atas pembangunan jalan ini pariwisata diyakini akan berdampak pada sektor perekonomian masyarakat yang juga lebih meningkat,” akhirnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, H. Badingah, S.Sos mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan jalan menuju ke Puncak Batara Sriten sehingga saat ini sudah bisa diresmikan oleh Pemerintah Daerah yang disaksikan oleh semua Forkompinda Kabupaten Gunungkidul.

“Kita menyadari, pembangunan infrastruktur di zona utara sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat, baik untuk mobilitas masyarakat ataupun penunjang wisata,” terang Bupati.

Sebagaimana diketahui, lanjut dia, Embung Batara Sriten merupakan puncak tertinggi di Gunungkidul. Dari atas puncak ini hawa segar dan pemandangan dari kejahuan juga dapat terlihat, di puncak zona utara ini bisa melihat daerah Klaten dan mengarah ke beberapa sudut dapat menikmati indahnya Gunungkidul. Potensi di lokasi ini terus digali oleh pemerintah dan masyarakat agar lebih maksimal.

Apalagi daerah Embung Batara Sriten sering ada beberapa even yang diselenggarakan oleh pemkab atau swasta di lokasi ini. Seperti even kejuaraan Paralayang tingkat Asia.

“Untuk menarik para wisatawan, event-event seperti ini kalau bisa jalan terus dan sering diadakan,” harapnya.

Apalagi jalannya sudah bagus, tinggal bagaimana masyarakat memanfaatkan kondisi sekarang.

“Jalan menuju Embung Batara Sriten sudah mulus, seharusnya perekonomian dan kesejahteraan juga bakal terangkat” terangnya.

Karena menurut Bupati, potensi Desa Pilangrejo luar biasa maka harus bersinergi dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Tidak hanya infrastruktur yang harus terpenuhi namun sektor lainpun juga harus mengimbangi, termasuk kreatifitas dan inovasi juga harus ditingkatkan,” pungkasnya.

(Joko)