Antisipasi Konflik Menjelang Pemilu Forkompimca Tanjungsari Menggelar Pembinaan TODA, TOMAS,TOGA dan TODAT

Tanjungsari,Suaragunungkidul.com – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan ( Forkompimca ) Tanjungsari menggelar acara pembinaan Terhadapa Tokoh Pemuda ( TODA), Tokoh Masyarakat ( TOMAS),Tokoh Agama ( TOGA), dan Tokoh Adat ( TODAT) yang dilaksanakan di aula kantor kecamatan Tanjungsari,06/03/2019,selain melakukan pembinaan Forkompimca juga menyerahkan bantuan lampu kedip ke seluruh desa se-Kecamatan Tanjungsari.

Sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut adalah Camat Tanjungsari Rakhmadian Wijayanto, AP, MSi, Kapolsek Tanjungsari AKP. Sapto Sudaryanto, SH dan Dan Pos Tanjungsari Pelda TNI Suharto,Camat Tanjungsari yang didaulat memberikan arahan terhadap peserta kegiatan lebih menekankan pada program pengembangan pariwisata Kecamatan Tanjungsari agar tokoh yang hadir bersiap menerima program tersebut.

“Saya lebih mendorong kesiapan semua komponen desa untuk bersiap menerima program terkait pariwisata yang mulai muncul di semua desa di Tanjungsari, karena Hargosari dan Kemiri tidak memiliki tempat pariwisata maka kita menggali potensi yang ada yaitu Gua,” ujar Camat.

Selama ini memang potensi di masing – masing desa belum digarap secara maksimal pada hal wilayah Tanjungsari memiliki banyak kekayaan alam yang bisa secara bertahap di maksimalkan untuk kepentingan ekonomi masyarakat bahkan itu menurut Rakhmadian bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar apabila dikelola dengan baik.

“Maksimalkan potensi yang ada,tokoh yang hadir saat ini harus menjadi motor penggerak sampaikan hal ini kepada yang lain di desa masing – masing agar bertemuan ini membuahkan hasil,” tambah Rakhmadian.

Sementara Kapolsek Tanjungsari AKP. Sapto Sudaryanto,SH yang bertanggung jawab dari sisi keamanan dan ketertiban wilayah meminta semua pihak untuk tidak mudah percaya kabar sebelum di cek kebenaranya karena saat ini menurutnya banyak beredar kabar hoax atau bohong yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,karena kabar bohong bisa memicu berbagai permasalahan terutama gesekan menjelang pemilu.

“Mohon kepada para tokoh muda, masyarakat,agama dan adat bisa menjadi penggerak mengantisipasi kabar hoax atau bohong karena kabar hoax bisa memicu berbagai permasalahan di masyarakat,terus sampaikan ke masyarakat jangan mudah termakan isu hoax, bila belum pasti kebenaranya bisa langsung menghubungi saya atau Bhabinkamtibmas di setiap desa,”harap Kapolsek.

Berbagai masalah di bahas dalam pembinaan tokoh oleh kapolsek dari agenda polsek sampai kenakalan remaja karena Gunungkidul angka kecelakaan remaja tertinggi di DIY dan korban meninggalbl karena kecelakaan didominasi anak muda oleh sebab itu Kapolsek akan menggelar razia setiap minggu.

“Demi menekan kecelakaan dan ketertiban lalu lintas jajaran polsek Tanjungsari bakal menggelar razia seminggu sekali,kepada para tokoh yang hadir dari setiap desa di Tanjungsari untuk bisa menyampaikan informasi ini kepada masyarakat desa masing – masing,”tega kapolsek.

Dan Pos Tanjungsari Pelda TNI Suharto lebih menyoroti lunturnya rasa memiliki diantara masyarakat terhadap bangsa dan negara,untuk itu dirinya meminta kepada tokoh masyarakat supaya bisa memberi pencerahan terhadap masyarakat betapa pentingnya cinta tanah air dan bangsa terhadap lingkungan masing – masing melalui peran tokoh di desa.

“Lunturnya rasa terhadap nusa dan bangsa harus menjadi prioritas para tokoh di desa – desa karena apabila rasa itu sudah hilang maka kepedulian sudah tak ada lagi untuk itu mari saling bahu membahu membantu teman – teman Polri untuk menjaga keamanan dan kenyaman dilingkungan masing – masing,” pintanya.

Acara yang diharapkan selesai lebih cepat ternyata molor karena dalam sesi tanya jawab banyak permintaan dari tokoh masyarakat yang mengharapkan kegiatan seperti ini tidak hanya sekali di lakukan akan tetapi terus berkesinambungan dengan turun ke pedukuhan – pedukuhan untuk mensosialisasikan berbagai hal dari kenakalan remaja,pelayanan SKCK,pembuatan SIM dan berbagai hal yang berkaitan dengan kamtibmas dan ketertiban umum. ( wawan)