Popda DIY, Gunungkidul Targetkan masuk Peringkat III

Wonosari, Suaragunungkidul.com-Pekan Olahraga Pelajar Daerah DIY, Gunungkidul menargetkan bisa mendapatkan peringkat III se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara pelepasan Kontingen Kabupaten Gunungkidul pada POPDA DIY 2019, dilaksanakan di Stadion Handayani, Jeruk, pada hari Selasa, 12 Maret 2019.

Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos., dalam sambutanya yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul, Ir. Drajad Ruswandono, MT menyampaikan, POPDA menjadi tantangan bersama untuk terus memacu diri dan memotivasi para atlet pelajar beserta seluruh unsur pendukung, Kontingen Kabupaten Gunungkidul.

Pada POPDA 2019 kali ini diharapkan Gunungkidul dapat memperbaiki, dari posisi peringkat ke-4 Ke peringkat ke-3.

“Target peringkat ke-3 Insya Allah tercapai,” ujar Drajad.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, lanjut dia, tentu memberikan dukungan yang semaksimal mungkil agar atlet pelajar Gunungkidu mampu meraih prestasi sebanyak mungkin dan turut memperbaiki posisi peringkat Kontingan Kabupaten Gunungkidul.

“Saya berharap, para atlet, pelatih, dan seluruh official Kontingen POPDA Kabupaten Gunungkidul, semakin terpacu dan memiliki loyalitas, maupun komitmen untuk membawa nama daerah Kabupaten Gunungkidul semakin unggul dan layak diperhitungkan di DIY,” harapnya.

Lebih jauh Drajad menyampaikan, bahwa pencapaian prestasi terbaik tentu tidak dapat dihasilkan dari proses yang “singkat”. Semuanya harus melalui proses yang cukup panjang, bahkan juga menemui banyak kendala atau kesulitan, kerja keras, dan komitmen untuk memberikan prestasi terbaik bagi daerah.

“Yakinlah bahwa kita berkomitrnen untuk terus meningkatkan peran Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam pembinaan olahraga prestasi di kalangan pelaiar,” akhirnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul, H. Bahron Rosyid, menjelaskan, upaya untuk mencapai target yang diharapkan, pihaknya sudah berusaha berbagai hal.

Diantaranya sejak awal sudah digembleng di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD). Semua atlet rata-rata semua dari PPLPD yang sudah lama dibangun.

Kemudian, tambahnya, ada pemusatan latihan, disini baik atlet maupun official semua kita tingkatkan pelatihannya. Dengan demikian pihaknya optimistis target peringkat III akan tercapai.

Menyinggung masalah hadiah untuk atlet yang berprestasi, ia hanya jawab sikat, sudah disiapkan.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia, Irfan Ratnadi, S.Sos, MAP bahwa waktu pelaksanaan POPDA DIY mulai tanggal15 sampai 19 Maret 2019 di Yogyakarta

Kontingen Kabupaten Gunungkidul berjumlah 390 orang, yang meliputi atlet : 312 atlit yang akan mengikuti 26 cabang olahraga (Cabor).
Sejumlah itu terdiri dari Pelatih : 52 orang dan
Official: 26 orang.

Adapun anggaran pengiriman kontingen POPDA Kabupaten Gunungkidul ini di biayai dari APBD tahun 2019.

(Joko)