Tahun ini Olahraga Paralympic Mendapat Kucuran Dana Puluhan Juta

Wonosari, Suaragunungkidul. com-Kaum disabilitas sedikit lega. Lantaran mulai tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Gunung mengucurkan dana untuk organisasi olahraga Paralympic sebesar Rp. 50 juta.

Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Kesejahteraan (Kabag Kesra) Kabupaten Gunungkidul, Azis Saleh, usai menerima audensi dengan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), Kamis 14/03/2019.

“Kita tidak memandang sebelah mata kepada kaum difabel, ” ujar Azis.

Menurutnya, apapun yang terjadi, mereka adalah warga masyarakat Gunungkidul mempunyai hak yang sama dengan warga-warga yang lain, walaupun mereka mempunyai kekurangan secara fisik, namun mempunyai semangat yang luar biasa. Bahkan sampai ada yang mempunyai prestasi tingkat nasional.

Dengan mengikuti Olimpiade difabel, melalui Paralympic, mereka ternyata ada mampu membawa nama Gunungkidul sampai tingkat nasional.

Sehingga Pemda dalam hal ini lewat usulan dari organisasi bidang ke-olahragaan paralympic, Pemda Gunungkidul berusaha memberikan stimulan bantuan untuk pelaksanaan paralympic.

Berdasarkan hasil dari verifikasi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul, organisasi paralympic memenuhi persyaratan.

“Sehingga Pemda tahun ini memberikan stimulan bantuan hibah sebesar Rp 50 juta, guna penyelenggaraan paralympic, ” Jelasnya.

Hal sama diajukan oleh PPID yang tahun 2018 kemarin sudah terbentuk. PPID juga mengajukan bantuan, dengan harapan supaya PPID bisa berjalan seperti organisasi-organisasi yang lain.

Menurut Azis, selama ini sudah banyak yang dilakukan oleh Pemda Gunungkidul kepada kaum difabel. Seperti memberikan sarana prasarana, akses stabilitas perkantoran.

“Kantor-kantor baru juga sudah ada akses untuk disabilitas, termasuk jalan-jalan umum,” Ungkapnya.

Selain itu, tambahnya, dari Dinas Sosial juga sudah ada beberapa kegiatan yang diberikan untuk kaum difabel.

“Seperti pemberian kacamata, kursi roda, alat bantu dengar, termasuk dari Disperindagkop, sudah banyak memberikan pelatih-pelatihan, ” Pungkasnya.

(Joko)