Bulan Dana PMI Merupakan Upaya Menggalang Dana Sosial Kemanusiaan

Wonosari, Suaragunungkidul.com-Pencanangan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Tahun 2019 di Ruang Rapat I Setda, Jumat (15/03). Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan upaya menggalang dana sosial kemanusiaan dari komponen masyarakat, yang memerlukan dukungan bersama.

Hal itu, diungkapkan Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos., pada saat menghadiri Pencanangan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Tahun 2019.

“PMI diharapkan optimalkan kinerja dalam membantu kesulitan masyarakat,” tutur Bupati.

Lebih jauh Bupati Badingah, berharap target tahun 2019 dapat tercapai. Sehingga bisa mengoptimalkan kinerja dalam membantu kesulitan masyarakat. Dimana manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan kemanusiaan.

“PMI sebagai organisasi sosial selama ini sudah menjalankan tugasnya dengan baik”, akhirnya

Ketua PMI Iswandoyo dalam sambutannya menuturkan, pada tahun 2019 ini Bulan Dana PMI ditargetkan mencapai Rp 400 juta. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama lima bulan kedepan.

Untuk penyumbang dana terbesar PMI selama ini memang dari pemerintah desa dan dari siswa-siswi yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Dia berharap, PMI terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Selain dalam penanganan berbagai bencana alam, juga untuk penyediaan darah serta meningkatkan modernisasi peralatan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Bulan Dana PMI, Sri Suhartanto, menyampaikan bahwasanya kegiatan ini juga menyasar ASN. Termaauk seluruh pejabat, TNI, Polri, masyarakat dan semua pihak sesuai acuan peraturan. Dengan demikian peranan camat juga diperlukan untuk mendukung lancarnya penggalangan dana kemanusiaan ini.

“Targetnya memang sebesar Rp 400 juta, namun capaian pada tahun 2018 lalu bisa melampaui target, harapanya 2019 ini juga bisa melebihi target yang ditetapkan,” pungkasnya.

Turut hadir selain Bupati juga dihadiri Ketua PMI, Drs. Iswandoyo, M.Si., Ketua Panitia Bulan Dana PMI, Sri Suhartanto, M.Si., Kepala Disdikpora, Bahron Rosyid, pengurus PMI, dan undangan lainya.

(Joko)